AP II Batasi Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Sumber :

VIVA – PT Angkasa Pura II menetapkan kebijakan baru di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, guna memastikan kelancaran serta terciptanya physical distancing di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan tersebut dengan melakukan pembatasan frekuensi penerbangan domestik khususnya di Terminal 2, Bandara Soetta, Tangerang.

"Kami dan operator yang ada di Bandara Soekarno-Hatta telah menyepakati pembatasan frekuensi penerbangan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, Jumat, 15 Mei 2020.

Menurut Awaluddin, slot penerbangan menjadi hanya 5-7 penerbangan per jam di Terminal 2. Upaya itu agar penumpang tidak terlalu menumpuk pada jam-jam tertentu. 

Adapun di tengah pandemi ini, penerbangan di Soetta setiap harinya sekitar 200 penerbangan.

AP II juga mengatur kebijakan baru soal jumlah penumpang, yakni setiap maskapai hanya akan mengangkut penumpang tidak lebih dari 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat pada setiap penerbangan. Hal ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. 

"Dibatasinya jumlah penumpang untuk mendukung physical distancing saat penerbangan dan juga mendukung kelancaran proses keberangkatan," ujarnya.

Kemudian, sistem antrean penumpang di Terminal 2, kini dibagi menjadi empat posko. Posko pertama adalah verifikasi dokumen calon penumpang yang dilakukan di curbside atau menjelang pintu masuk gedung terminal. 

Kemudian, posko kedua di dalam gedung terminal adalah tempat calon penumpang mengisi dokumen kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) dan formulir epidemiologi, serta pengukuran suhu tubuh.

Setelah itu, calon penumpang memasuki pos pemeriksaan pertama (SCP I) untuk kemudian dilakukan verifikasi surat kesehatan dan dilakukan tes kesehatan oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemudian, calon penumpang menuju konter check in untuk verifikasi seluruh dokumen dan memproses check in

"Melalui sistem antrean yang baru ini, flow penumpang pagi ini sangat lancar ketika memproses keberangkatan domestik di Terminal 2," tuturnya. 

Secara umum, prosedur keberangkatan domestik juga sama dilakukan di Terminal 3, hanya saja dilakukan penyesuaian sesuai dengan bentuk terminal. "Kami berharap situasi ini tetap terjaga," ungkapnya.

Kebijakan baru ini merupakan hasil evaluasi terhadap adanya penumpukan hingga antrean panjang penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta pada Kamis 14 Mei 2020.