AirNav Sebut Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Sabtu, Sehari 1.258 Penerbangan

Ruang pantau di menara airnav bandara soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia, mencatatkan Cabang JATSC Soekarno-Hatta telah melayani 1.258 per hari penerbangan pada periode H-4 Lebaran atau Sabtu 6 April 2024.

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

Dimana, periode tersebut tercatat sebagai puncak arus mudik lebaran 2024, baik dari sisi jalur transportasi udara, laut dan juga darat.

"Pada Sabtu 6 April 2024  menjadi puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan kami mencatat telah melayani 1.258 penerbangan domestik dan internasional," kata General Manager AirNav Indonesia Cabang JATSC Soekarno-Hatta, M. T Nurhuda, Senin, 8 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Ilustrasi Industri Penerbangan

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Melalui data yang telah dihimpun, telah terjadi kenaikan 8 persen di tahun 2024, jika dibandingkan tahun 2023 sebelumnya. Dimana jumlah penerbangan 1.258 untuk tahun 2024, dibandingkan 1.166 penerbangan untuk tahun 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"1.258 penerbangan ini mencakup flight regular, extra, military, cargo, charter, positioning dan repatriasi," ujarnya.

Dalam periode mudik lebaran 2024 ini, ia juga mencatat bila destinasi perjalanan terbanyak dari Jakarta menuju ke Makassar, Surabaya, Denpasar, Kualanamu dan juga Semarang. Adanya hal ini pun, AirNav Indonesia khususnya Cabang JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center), menjamin keamanan, keteraturan dan keselamatan angkutan udara dalam periode mudik lebaran tahun 2024.

"Sesuai dengan yang diamanatkan Menteri Perhubungan, Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan juga jajaran Direksi AirNav Indonesia, kami telah mempersiapkan sejumlah dukungan pelayanan navigasi penerbangan, yakni diantaranya kesiapan fleksibilitas SLOT penerbangan; kesiapan prosedur emergency dan tanggap darurat bencana; kesiapan Posko Angkutan Udara Periode Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024; pemantauan harian SDM melalui aplikasi serta pemeriksaan kesehatan; kesiapan data & informasi penerbangan; serta pemeriksaan harian kesiapan peralatan Navigasi Penerbangan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya