4 Tips Konsumsi Daun Sirsak Agar Berkhasiat

Buah sirsak
Sumber :
  • Pixabay/Alida Ferreira

VIVA – Sirsak menjadi salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya dapat dikonsumsi dagingnya saja yang kenyal dan menyegarkan. Daun sirsak juga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tidak terduga.

Dalam program Hidup Sehat tvOne, Jumat 17 Juli 2020, Spesialis Farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm.D. menjelaskan ada sejumlah manfaat dari daun sirsak. Beberapa diantaranya adalah dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Selain itu daun sirsak juga dapat mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol hingga dapat meningkatkan kesuburan. Namun, untuk mendapatkan segudang manfaat dari daun sirsak, kita perlu tau bagaimana cara mengonsumsinya yang benar.

Baca Juga: Artis Inisial CW Ditangkap karena Narkoba, Diduga Catherine Wilson

Berikut ini tips agar mendapatkan hasil yang maksimal dari daun sirsak seperti yang dijabarkan oleh Wawaimuli.

1. Pilih daun sirsak yang sudah tua bukan yang muda. Sebab, kata dia daun sirsak yang tua lebih banyak mengandung zat aktif dibandingkan dengan daun sirsak muda.

2. Untuk merebus daun sirsak, persiapkan 10 lembar daun sirsak tua kemudian tambahkan 3 gelas air. Kemudian rebus selama satu jam dan konsumsi air rebusannya.

3. Konsunsi air rebusan daun sirsak sebanyak 1-2 kali sehari untuk anti diabetes dan menurunkan kolesterol

4. Rebusan daun sirsak tidak boleh dikonsumsi usia di bawah 18 tahun, ibu hamil serta orang dengan gangguan fungsi ginjal karena orang. Sebab kata dia, orang dengan gangguan fungsi ginjal membatasi asupan air, selain itu kandungan ion dalam daun sirsak dapat memperberat fungsi ginjal.