Segenggam Kacang Cegah Kanker Payudara

Aneka kacang
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Mengonsumsi segenggam kacang (sekitar 2 ons) setiap minggu bisa menghambat perkembangan sel pemicu kanker payudara. Demikian hasil studi yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Harvard Amerika Serikat.

Studi yang dilakukan terhadap 30.000 remaja putri itu menunjukkan, konsumsi kacang secara rutin mampu mereduksi pertumbuhan benign breast disease (BBD), penanda tumor payudara.

Para peneliti meminta seluruh responden mengisi kuesioner tentang program diet mereka dengan kacang. Empat tahun kemudian, mereka diminta mengisi kuesioner kembali untuk menganalisa pengaruhnya.

Hasilnya, konsumsi kacang minimal 2 ons per minggu mengurangi risiko penyakit kanker payudara sebesar 36 persen dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi kacang. Demikian pula konsumsi makanan mengandung kadar fiber tinggi (lebih 25 gram) dapat mengurangi risiko mengidap BBD sebesar 25 persen.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam kacang memberikan efek antikanker. Sementara makanan mengandung fiber kaya akan vitamin, zinc, dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan kanker.

Sementara penelitian terdahulu mengungkap, ekstrak buah pare (bitter melon) yang banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia sebagai makanan antikanker yang cukup efektif. Buah berasa pahit itu mengandung zat hijau yang bisa menghentikan reproduksi sel kanker dan mematikannya.