Menteri Lukman Edy Bela Yudhoyono

Sumber :

VIVAnews – Keretakan di dalam tubuh Partai Kebangkitan Bangsa memang tidak pernah berhenti. Kali ini, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mempertanyakan kritik Ketua Fraksi PKB Effendi Choirie tentang kinerja tim ekonomi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Effendy Choirie itu maksudnya apa?" tanya Lukman Edy yang juga menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dalam kabinet Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 Januari 2009.

Dua tokoh dalam satu partai itu sebelumnya juga sering bersilang pendapat. Perbedaan tidak saja dalam pandangan mengenai kebijakan pemerintah, namun dalam partai PKB sendiri, keduanya sering berseteru. Sikap Effendy Choirie kali ini dinilai sebagai sikap pribadi bukan partai PKB.

Namun, bagi Lukman, apa yang diungkapkan oleh rekannya satu partai itu merupakan sikap politis menjalang pemilu 2009. Lukman menegaskan, dalam tubuh PKB ada mekanisme dalam menentukan sikap kepada pemerintah. "Sikap itu bukan pembahasan komprehensif ditingkat fraksi," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Effendy Choirie, mengatakan tim ekonomi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan mampu mengubah kebijakan ekonomi, menjadi kebijakan yang mendukung kepentingan rakyat.