Vallar Resmi Kuasai 25% Saham Bumi Resources

Bobby Gafur Umar
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - PT Bakrie & Brothers Tbk hari ini menuntaskan proses transaksi antara PT Bumi Resources Tbk dan Vallar PLC. Melalui transaksi tersebut, Vallar resmi menguasai 25 persen atau sebanyak 5,19 miliar saham Bumi yang sebelumnya dimiliki Bakrie & Brothers dan Long Haul Holding, Ltd.

"Transaksi ini sesuai dengan target semula seperti yang telah kami umumkan bersama pada 16 November 2010," kata Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) Bakrie & Brothers, Bobby Gafur Umar, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, di Jakarta, Jumat, 4 Maret 2011.

Menurut Bobby, melalui transaksi tersebut, perseroan akan memperoleh nilai tambah dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja di masa depan.

Dia menjelaskan, Vallar melalui anak usahanya, Vallar Investments UK Limited yang bermarkas di London, Inggris, telah resmi menguasai 25 persen saham Bumi Resources dengan harga Rp2.500 per unit. Nilai total transaksi hampir mencapai Rp13 triliun.

Sebaliknya, Vallar menyerahkan sebanyak 90,07 juta saham baru seharga 10 poundsterling per saham kepada Grup Bakrie.

Dari 5,19 miliar saham Bumi yang diserahkan, Bakrie & Brothers menyerahkan 2,84 miliar saham dan sisanya sebanyak 2,34 miliar saham merupakan porsi Long Haul Holdings. Sementara itu, dari 90,07 juta saham yang diterima dari Vallar, Bakrie & Brothers mendapatkan sebanyak 49,38 juta saham.

Bobby mengatakan, transaksi tersebut merupakan sebuah kesepakatan 'win-win' bagi Vallar, Grup Bakrie, termasuk juga Bakrie & Brothers, serta pemegang saham.

"Kami berharap, dengan kepemilikan pada perusahaan pertambangan global yang tercatat di Bursa Efek London, transaksi itu akan menaikkan nilai, profil, serta posisi Bakrie & Brothers secara internasional," ujarnya.

Transaksi tersebut sekaligus juga menciptakan perusahaan pertambangan global terkemuka dari Indonesia yang akan melahirkan sinergi pasar, merampingkan proses pembuatan keputusan, dan memberikan akses lebih besar ke pasar modal dan keuangan.

Dengan rampungnya transaksi ini, Vallar PLC akan berganti nama menjadi Bumi PLC, dan Grup Bakrie akan menjadi pemegang saham terbesar di Bumi PLC dengan hak untuk menunjuk jabatan-jabatan kunci di jajaran pimpinan dan manajemen. (sj)