10-4-2010: Pesawat Presiden Polandia Jatuh

Presiden dan Sejumlah Pejabat Polandia Tewas : Lech Kaczynski dan Istri
Sumber :
  • AP Photo/Alik Keplicz, file

VIVAnews - Setahun yang lalu, pesawat kepresidenan Polandia jatuh saat akan mendarat di Rusia. Kecelakaan itu menewaskan Presiden Lech Kaczynski bersama istri dan sejumlah pejabat tinggi Polandia.

Menurut kantor berita Associated Press, pesawat Tupolev Tu-154 saat itu akan mendarat di bandara Kota Smolensk. Kaczynsky dan rombongan saat itu bermaksud mengunjungi Smolensk untuk memperingati 70 tahun tragedi pembantaian Katyn, yaitu saat tentara Uni Soviet membunuh ribuan warga Polandia pada Perang Dunia Kedua.

"Tak seorangpun penumpang pesawat yang selamat," kata Gubernur Smolensk, Sergei Anufriev.

Pesawat kepresidenan yang mengangkut sekitar 132 penumpang itu jatuh sekitar pukul 11.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 14.00 WIB. "Pesawat mengalami kecelakaan menjelang pendaratan. Kemungkinan besar pesawat menghantam pepohonan dan jatuh," kata Anufriev.

Di Warsawa, Ibu Kota Polandia, Perdana Menteri Donald Tusk langsung menggelar rapat luar biasa untuk membahas penanganan masalah tersebut. Berdasarkan konstitusi, ketua parlemen, Bronislaw Komorowski, akan menggantikan posisi presiden selama masa darurat.

Kaczynski wafat pada usia 60 tahun. Ia menjabat sebagai presiden Polandia sejak Desember 2005, setelah mengalahkan Tusk dalam pemilihan umum.