Kotak Suara HP Kaligis Dalam Bahasa Spanyol

Pengacara OC Kaligis menunjukkan alat bukti
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

VIVAnews - Buronan Muhammad Nazaruddin dikabarkan ditangkap pihak interpol di kota Cartagena di negeri Colombia. Penangkapan mantan Bendahara Partai Demokrat itu diumumkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto. 

"Semalam lewat Kemenlu dari Dubes di Kolombia, bahwa telah diterima seseorang ditangkap yang dicurigai sebagai Nazaruddin oleh Interpol," kata Djoko Suyanto di Istana Negara, Senin 8 Agustus 2011.

Menurut Djoko, penangkapan ini atas kerjasama Interpol, KPK, Imigrasi, dan Kementerian Luar Negeri. "Sementara ini hasil dari penyelidikan di Katargena, identik dengan yang disebut dengan Nazaruddin," ujarnya.

Saat ditangkap, Nazaruddin diketahui menggunakan paspor atas nama M Syahruddin. Foto dan identitasnya pun juga dipalsukan.

Nazaruddin pergi meninggalkan Indonesia sejak 23 Mei 2011. Saat itu, Nazaruddin mengaku akan berobat di Singapura. Namun, sampai ditetapkan sebagai tersangka, Nazaruddin tak kunjung kembali ke Indonesia.

Kuasa Hukum Nazaruddin, OC Kaligis belum bisa dikonfirmasi soal benar tidaknya Nazaruddin ditangkap. Kotak suara telepon seluler pengacara senior itu dalam bahasa Spanyol. Hampir semua negara di Amerika Latin, termasuk Kolombia, memakai bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi dan pergaulan sehari-hari.