Kukar Runtuh, Bangun Jembatan Jalan Terus

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan tidak akan mengeluarkan moratorium atau penghentian sementara untuk pembangunan jembatan gantung di Indonesia, setelah kejadian runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara.

"Kurangnya pengetahuan dari Indonesia, kemudian jembatan gantung belum banyak yang dibangun, dan yang gagal seperti Indonesia juga ada. Selain itu, pengetahuan untuk pembangunan jembatan gantung merupakan ilmu yang berkembang. Jadi, tidak ada moratorium," kata Menteri PU, Djoko Kirmanto, dalam konferensi pers di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu 11 Januari 2012.

Djoko mengharapkan, dengan tidak adanya moratorium, maka dapat memicu keberanian dalam membangun jembatan gantung dengan lebih keras. "Mendorong lebih hati-hati untuk mencari tenaga yang lebih profesional. Berani dengan penuh perhitungan dan minta masukan pada tenaga ahli," katanya.

Dia juga mengingatkan agar terus membangun jembatan gantung dengan kehati-hatian. "Yang bijak itu terus membangun dengan kehati-hatian yang tinggi, dengan mencari pengetahuan yang baik, sehingga yang dihasilkan lebih baik," tutur Djoko. (art)