Sering Main Facebook Membuat Orang Jadi Sedih

Jejaring sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVAlife -Hampir setiap orang di belahan dunia memiliki akun Facebook. Mereka berinteraksi di dalam jejaring sosial tersebut, bahkan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menelusuri aktivitas teman-teman di dalam Facebook.

Sebuah studi mengatakan, jika pengguna menghabiskan waktu selama 2 jam atau lebih di depan Facebook,  ternyata dampaknya negatif, mereka tidak merasa bahagia.

Penelitian psikologis ini diperoleh dari University of Michigan. Tim mereka mempelajari dampak jaringan sosial tersebut pada 82 orang dewasa muda, selama 2 minggu. Peserta diberi pertanyaan 5 kali sehari tentang kesejahteraan hidup mereka sehari-hari.

Pertanyaan yang diberikan adalah "bagaimana perasaanmu sekarang?"; "bagaimana kekhawatiranmu sekarang?"; "bagaimana rasa kesepianmu sekarang?"; "berapa banyak Anda menggunakan Facebook sejak terakhir kali kami bertanya?"

Hasilnya, semakin banyak waktu yang mereka habiskan untuk menggunakan Facebook, terhitung dari 2 jam ke atas, mereka semakin kurang bahagia. Interaksi secara langsung seperti bertatap muka atau telepon, ternyata mengurangi pikiran negatif terhadap sesama pengguna akun Facebook.

Pemimpin Edior Facebook, Ethan Kross menanggapi hal tersebut, ia berkata bahwa Facebook memungkinkan pengguna melihat perbandingan sosial dan kehilangan banyak aktivitas.

“Mungkin ketika Anda berlama-lama menggunakan Facebook, Anda jadi tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan lain, seperti berolahraga dan berinteraksi dengan orang-orang di dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ethan Kross. (sj)