Ribuan Lumba-Lumba Langka di Bangladesh

Sumber :

VIVAnews – Sudahkah kalian melihat ikan pesut ? Ikan pesut ini ternyata termasuk jenis lumba-lumba langka dan juga sering disebut lumba-lumba Irrawady. Para peneliti dari Wildlife Conservation Society (WCS) Amerika, baru-baru ini menemukan lumba-lumba langka jenis Irrawady dalam jumlah besar di Bangladesh. Peneliti memperkirakan jumlahnya mencapai 6000 ekor.

Penemuan itu merupakan penemuan terbesar, sebelumnya hanya ditemukan ratusan lumba-lumba Irrawady di perairan Asia Tenggara. Untuk di Bangladesh, lumba-lumba Irrawady ditemukan di hutan magrove, perairan teluk Bengal.

Hal itu menggambarkan bahwa lumba-lumba Irrawady masih bisa bertahan hidup hingga hari ini. Dan, sampai sekarang para peneliti tidak mengetahui jumlah lumba-lumba langka tersebut di seluruh dunia.

"Dengan adanya penemuan ini kita tidak boleh lengah, habitat mereka harus benar-benar dijaga jangan sampai rusak," kata Howard Rosenbaum, kepala penelitian dari Wildlife Conservation Society.

Para ahli biologi mengungkapkan bahwa lumba-lumba Irrawady banyak tinggal di perairan air payau sekitar hutan mangrove.

Lumba-lumba Irrawady memiliki bentuk mulut yang sangat khas yaitu tidak memiliki moncong. Panjangnya antara 2 hingga 2,5 meter. Selain di Bangladesh, lumba-lumba Irrawady juga ditemukan di perairan Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Semayang, Kalimantan Timur