Ruas Tol Kanci-Pejagan Rampung Juni 2009

Sumber :

VIVAnews - Ruas tol Kanci-Pejagan ditargetkan selesai pada Juni 2009. Jalan tol sepanjang 35 kilometer yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah akan dituntaskan  pengerjaannnya selama 14 bulan sejak awal 2008 silam.

Anggota Badan Pelaksana Jalan Tol (BPKJT) Agus Sidharta mengatakan, jaminan kelancaran pelaksanaan jalan tol yang terbesar adalah perbankan. Apabila pihak bank telah menyetujui sebuah proyek pengadaan jalan tol, artinya proyek tersebut layak (feasible).

"Perbankan analisisnya lebih tajam. Kalau bank mengatakan baik, itu merupakan jaminan," kata Agus pada diskusi Pembangunan Jalan Tol di Golds Gym Rasuna Epicentrum, Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta, Rabu 2 April 2009.

Ruas tol Kanci-Pejagan diteken kontraknya 2006 dan mulai pembebasan lahan 2007 serta pembangunan 2008. Investor ruas jalan itu adalah PT Semesta Marga Raya, salah satu anak usaha PT Bakrie Development Tbk. Agus menyambut baik target Kanci-Pejagan yang selesai Juni dan diharapkan segera beroperasi setelahnya.
 
Agus menekankan sedianya operator jalan tol segera membangun setelah proses pembebasan tanah tuntas. Selain itu, operator jalan tol juga wajib memperhatikan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Presiden Direktur PT Bakrie Development Tbk Hiramsyah Thaib mengatakan, jalan tol yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini mengalami kemajuan yang sangat baik sejak penandatangan kontrak 2007 lalu. Pihaknya mengatakan dukungan empat bank nasional merupakan bukti  ruas ini berprospek. Ruas tol Kanci-Pejagan dibiayai empat bank sindikasi yakni BNI, BRI, Bank Jabar dan Bank Jatim.

Selain ruas Kanci-Pejagan, perusahaan tengah melakukan pengadaan jalan di beberapa ruas diantaranya ruas tol Sukabumi yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

"Ruas ini menghubungkan dua hutan lindung yaitu Gunung Gede dan Pangrango. Sehingga pembangunannya disesuaikan dengan kondisi alam," katanya.