Ratusan Karung Gula Ilegal Asal Malaysia Diamankan Pasukan Perbatasan

Gula ilegal
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Satuan Tugas Pasukan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia berhasil menyita 10 ton gula pasir ilegal asal Negeri Jiran yang tidak memiliki izin kapabean. Gula tersebut, diamankan dari seorang warga Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Menurut Komandan SSK 1 Kapten Inf. Irwan, ratusan karung gula asal Malaysia ini langsung diamankan petugas Satgas Pamtas Yonif 100/Raider yang bertugas di perbatasan darat Indonesia-Malaysia.

"Rencananya, gula ini akan diselundupkan ke wilayah lain di Kalimantan Utara," ujarnya, kepada reporter TVone, Muhammad Tahir, Sabtu, kemarin, 8 Febriari 2014.

Hingga kini, menurut Irwan, untuk proses lebih lanjut, Satgas Pamtas melakukan penyitaan. Sementara itu, pemiliknya belum ditahan.

Sebab, menurut dia, Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia lebih fokus pada pengamanan teritorial, yakni pemeriksaan patok antarkedua negara yang sangat rawan pergeseran.

"Termasuk, pengamanan barang-barang ilegal dari Malaysia yang sering masuk ke Indonesia, terutama narkotika akan terus diawasi," tegas Irwan. (art)