Jeffrey Winters: Tim Ekonomi Indonesia Gagal

Sumber :

VIVAnews - Tim ekonomi pemerintah yang dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati dinilai gagal membawa Indonesia keluar dari jerat kemiskinan.

"Tim ekonomi Indonesia telah gagal total," ujar pengamat ekonomi politik dari Northwestern University, AS, Prof Jeffrey Winters kepada VIVAnews di Jakarta, 22 April 2009.

Menurut dia, dimensi kegagalan itu adalah Indonesia merupakan negara yang sangat miskin. Saat ini jumlah penduduk miskin lebih dari 35 juta orang.

Bahkan, dia menilai kebijakan dan sistem ekonomi yang diterapkan selama 40 tahun telah gagal untuk mengangkat Indonesia dari kemiskinan. Apalagi menjadi negara maju. "Kegagalan itu berlanjut hingga sekarang."

Dia menilai sumber kegagalan itu adalah tim ekonomi yang dikendalikan oleh mafia Berkeley, serta memiliki kedekatan dengan IMF dan Bank Dunia. Padahal, menurut dia, hampir tidak ada negara yang menjadi pasien Bank Dunia berhasil menjadi negara maju. "Kebanyakan pasti gagal jadi negara maju."

Karena kegagalan itu, dia menyarankan pemerintah baru nanti tidak menggunakan tim ekonomi yang mewarisi mafia Berkeley. "Buang saja, mereka sudah terbukti gagal."

Menurut Winters, ekonom paling top yang tepat memimpin tim ekonomi Indonesia adalah Rizal Ramli. Saat menjadi Menko Perekonomian di jaman Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal malah sudah berbuat banyak dalam waktu singkat. Rizal dikenal memiliki sikap baru terhadap IMF dan Bank Dunia. Dia bernegosiasi secara frontal dengan pihak luar.

"Rizal juga menjadi lokomotif bagi ekonomi Indonesia," kata dia. Rizal, menurut Winters, justru memperjuangkan Indonesia agar mendapatkan keuntungan terus menerus karena nasionalis. "Seperti China, mereka dihargai dunia karena bersikap nasionalis yang kuat."