Bantu Cari QZ851, Ini Kecanggihan Pesawat Hercules Singapura

Pesawat C-130 milik Singapura
Sumber :
  • www.channelnewsasia.com

VIVAnews - Sejumlah negara siap membantu pencarian pesawat AirAsia dengan nomor pengerbangan QZ8501, yang hilang kontak di sekitar perairan Bangka-Belitung pada Minggu kemarin. Salah satu negara, Singapura, sudah mengirim kapal dan pesawat pencari ke Indonesia.

Dilansir Channel News Asia, Senin, 29 Desember 2014, Kementerian Pertahanan Singapura sejak hari kemarin berkomitmen dengan bantuan seperti pengiriman kapal dan pesawat miliknya ke wilayah Indonesia.

Otiritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan pada Senin pagi tadi telah menerbangan setidaknya dua pesawat Hercules C-130 yang diproyeksikan untuk membantu pencarian burung besi milik Air Asia itu.

Sebelum beraksi, kedua pesawat tersebut akan berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia termasuk didalamnya Basarnas untuk melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

"Saya percaya dengan hubungan kuat antara Indonesia dan Singapura telah dibangun selama bertahun-tahun yang melampaui semua tingkatan dari tingkat politik tertinggi kepada komandan militer. Kita akan bekerjasama dan melaksanakan pencarian dan menemukannya dengan operasi efektif," ujar Menteri Pertahanan Singapura, Chan Chun Sing.

Pesawat Hercules milik Singapura ini memiliki empat mesin turboprop atau turbojet sayap tinggi yang dapat mendarat dan lepas landar pada landasan pendek, bahkan landasan yang belum disiapkan sebelumnya.

Pesawat ini memiliki kemampuan dalam pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadaman kebakaran, dan alat transportasi medis.

Selain itu juga, Singapura juga telah menawarkan bantuan berupa Biro Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) yang berada dibawah Kementerian Transportasi dengan mengirimkan dua tim spesialis serta dua set pemindai di dalam air yang dapat membantu pencarian.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia QZ8501 dengan rute penerbangan Surabaya-Singapura hilang kontak dan diduga jatuh di perairan laut sekitar Bangka-Belitung pada Minggu pagi. Pesawat tersebut terdapat 155 penumpang. (ren)

Baca juga: