FOTO: Versace Buka Panggung Adibusana Paris

Busana Donatella Versace di Haute Couture Spring Summer 2015
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA.co.id – Setelah memamerkan koleksi busana pria selama lima hari berturut-turut, Paris memanjakan para pecinta mode dengan pergelaran adibusana.

Pertunjukkan busana termewah dan satu-satunya itu dibuka oleh koleksi dari Rumah Mode Versace. Tidak tanggung-tanggung, Donatella Versace, sang desainer, menghadirkan koleksi berdetail rumit yang dibuat secara manual dengan tangan.

Adapun, di barisan tamu undangan, terlihat wajah-wajah populer seperti aktris Kate Hudson dan Goldie Hawn.

Dilansir Reuters, dari segi rancangan, Donatella jelas terlihat menghadirkan haute couture dalam nafas baru. Rumit dan bercita rasa seni busana tinggi, namun di sisi lain juga modern dan sesuai dengan keinginan wanita urban yang butuh busana berdaya pakai tinggi.

Kendati Versace mendapat acungan jempol dan anggukan setuju dari pengamat mode, para khalayak fesyen masih menahan napas untuk koleksi yang akan ditampilkan nama-nama besar lainnya, dalam empat hari ke depan. Di antaranya, Chanel, Christian Dior, Valentino, serta Jean Paul Gaultier.

Hingga 29 Januari 2015 nanti, museum, kastil, serta venue bersejarah lainnya di Paris akan menjadi tuan rumah bagi pertunjukkan koleksi busana inggil. Para tamu undangannya pun tidak akan sembarangan. Tercatat, putri dan pangeran dari Timur Tengah dan Eropa akan bergabung dengan crème de la crème di dunia mode, termasuk para jurnalis, buyer dan selebriti.

Di ranah mode, pekan mode haute couture hanya berlangsung di Paris per enam bulan, dengan jadwal tetap, setiap Januari dan Juli. Rumah mode yang lulus audisi hanya boleh menampilkan 14 koleksi masterpiece dan dibuat sesuai pesanan. Harganya? Jangan ditanya. Minimal, sepotong koleksi busana haute couture bisa mencapai harga puluhan ribu dolar atau setara ratusan juta rupiah.

Adapun salah satu desainer muda yang baru saja lulus audisi Paris Haute Couture adalah Alexandre Vauthier, yang koleksinya kini dikenakan Rihanna dan Beyonce.

“Haute Couture merupakan supremasi dunia mode,” papar pakar busana dan mantan presiden asosiasi adibusana Paris Didier Grumbach.

Lebih lanjut, Grumbach menyebutkan, salah satu pertunjukkan yang paling dinanti tahun ini adalah dari rumah mode Schiaparelli yang telah hiatus selama enam dekade, dan kembali ke catwalk mode. Sementara Dior dan Chanel akan menunjukkan koleksinya pada Selasa, 27 Januari 2015. Pertunjukkan haute couture akan ditutup dengan koleksi besutan Jean Paul Gaultier.

Lihat foto-foto koleksi Versace ditautan ini:

Baca juga: