Kemenhub Gelar Angkutan Motor Gratis Bagi Pemudik 2019, Ini Lokasinya

Ilustrasi Mudik Gratis Sepeda Motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, kembali menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis atau Motis dengan moda Kereta Api. Layanan yang dikhususkan bagi para pemudik ini mulai dibuka sejak Selasa 12 Maret 2019 hingga 25 Mei 2019, dengan kuota untuk 18.096 sepeda motor.

"Kita siapkan tiket bagi calon pengguna motis yang dikhususkan sebanyak 58.088 tiket. Kita juga siapkan 22 rangkaian kereta api, yang terdiri dari 15 rangkaian KA ekonomi komersial dan 7 PSO," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Zulmafendi, di kantornya, Kamis 14 Maret 2019.

Bagi peserta motis yang mendaftar mulai dari 25 Maret-13 Mei 2019, mereka akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO. 

"Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal tiga tiket, selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia," ujarnya.

Hingga hari ketiga sejak pendaftaran dibuka, Zulmafendi menjelaskan bahwa sudah ada 6.300 orang yang mendaftar dari total kuota 18.096 yang disediakan.

"Jadi sudah hampir 30 persen tercapai. Padahal waktu pendaftaran masih panjang," kata Zulmafendi.

Diketahui, para calon peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id, atau mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. 

Seperti misalnya di Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Staasiun Kemayoran, Stsiun Cikarang, dan Stasiun Kiara Condong. Sedangkan untuk Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang akan segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis. 

Selain itu, untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow atau dari daerah, pendaftaran dimulai dari 28 April hingga 12 Juni 2019. Sementara untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis, akan dimulai pada 27 Mei-2 Juni 2019, dan dilanjutkan kembali pada 8 Juni-13 Juni 2019.

Lintas pelayanan motis tahun ini diketahui juga hampir sama dengan penyelenggaraan program motis sebelumnya, yang terbagi atas tiga lintas layanan yakni:

1. Lintas Utara :

Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Tegal - Sta. Pekalongan - Sta. Semarang Tawang - Sta. Ngrombo - Sta. Cepu - Sta. Bojonegoro - Sta. Babat - Sta. Surabaya Pasarturi.

2. Lintas Selatan I :

Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cimahi - Sta. Sta. Kiaracondong - Sta. Sidareja  - Sta. Kroya - Sta. Gombong - Sta. Kebumen - Sta. Kutoarjo.

3. Lintas Selatan II :

Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Purwokerto - Sta. Kroya - Sta. Kutoarjo - Sta. Lempuyangan - Sta. Klaten - Sta. Purwosari - Sta. Madiun - Sta. Kertosono - Sta. Jombang - St. Mojokerto - Sta. Surabaya Pasarturi.