Industri Es Krim di Indonesia Menjanjikan, Rasa Kacang Paling Digemari

Ilustrasi es krim.
Sumber :
  • Pixabay/JESHOOTS

VIVA – Siapa yang tidak suka dessert? Dessert atau makanan penutup umumnya memiliki rasa manis ini diyakini bisa mengembalikkan mood seseorang. Maka dari itu, tidak ada yang ingin melewatkan dessert.

Salah satu dessert yang paling digemari adalah es krim. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis membuat es krim begitu dicintai dari berbagai kalangan usia. 

Saking populernya es krim membuat permintaan es krim meningkat. Laporan pasar ritel global 2019 Mintel tentang es krim mengungkapkan bahwa pasar Asia termasuk Indonesia diperkirakan akan tumbuh secara signifikan di dekade berikutnya yakni 10 persen selama lima tahun ke depan. 

Direktur prosesing Tetra Park Indonesia, Tony Mehrtens menjelaskan, prediksi pertumbuhan es krim merupakan peluang besar bagi bisnis di Indonesia. Untuk merealisasikan peluang itu, penting untuk melakukan inovasi demi memenuhi tren konsumen yang berkembang pesat. 

"Konsumen tertarik untuk membeli es krim yang tidak hanya menarik soal rasa, tapi seluruh indera mereka. Produk dengan warna-warna cerah, aroma dan tekstur yang menarik akan menghasilkan pengalaman makan yang mengesankan," kata dia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 4 Desember 2019. 

Dia melanjutkan, es krim yang meninggalkan kesan secara visual dipasarkan untuk menarik perhatian konsumen muda yang senang membagikan konsep makanan kreatif dan imajinatif  di media sosial mereka. Bukan hanya itu, Communication Manager Tetra Park Malaysia, Singapore, Philiphines dan Indonesia, Gabrielle Angriani menjelaskan konsumen Indonesia juga tertarik dengan es krim dengan banyak potongan buah atau banyak buah dan varian jenis kacang.

"Masyarakat juga suka dengan rasa kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau. Secara umum masyarakat Indonesia suka es krim dengan tekstur yang menarik, rasanya yang unik, dan yang healthy saat ini juga sedang growing," kata dia. 

Terkait dengan es krim healthy dirinya menjelaskan bahwa pihak produsen es krim saat ini tengah mengembangkan es krim dengan gula lebih rendah dan lebih banyak menggunakan buah. 

"Pemain es krim harus bisa lihat es krim yang lebih sehat dibanding sebelumnya," kata dia.