Perawatan Kapal, Pertamina Gandeng 3 Galangan Pelat Merah

Kerja sama Pertamina dengan tiga galangan kapal pelat merah.
Sumber :
  • M Yudha P.

VIVA – Sinergi antar perusahaan pelat merah terus dilakukan. Kali ini PT Pertamina (Persero) pun menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan BUMN di bidang perkapalan untuk perawatan kapal yang dimiliki.

Ketiganya adalah PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Industri Kapal Indonesia, dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari.

"(Kerja sama) ini sekaligus sebagai cara Pertamina dalam mendukung dan meningkatkan industri kapal dalam negeri," kata Nicke dalam telekonferensi, Selasa 14 Juli 2020.

Nicke meyakini, upaya sinergi semacam ini akan membuahkan efisiensi bagi pihaknya. Khususnya dalam upaya merawat dan memperbaiki kapal-kapal milik Pertamina di ketiga perusahaan galangan kapal tersebut.

Sebab, pola perawatan dan perbaikan kapal yang dilakukan Pertamina selama ini, dinilai masih kurang efisien dalam hal waktu dan tempat pelaksanaannya.

"Jadi biasanya itu kan ketika kapal rusak, maka harus dibawa ke Surabaya. Tapi kalau sekarang itu karena makin dekat, makin murah," ujarnya.

Baca juga: Insentif Pajak UMKM Ditegaskan Tak Hanya Buat yang Terdampak Corona

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, mengaku sangat mengapresiasi langkah Pertamina dalam menyinergikan sejumlah BUMN di satu kepentingan yang sama, yakni soal perawatan dan perbaikan kapal tersebut.

Apalagi, hal semacam ini diakui Budi juga sudah berulang kali ditekankan oleh Presiden Jokowi, khususnya terkait soal peningkatan bahan baku dalam negeri atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Jadi sinergi BUMN dalam hal-hal inilah yang mendasari kita untuk melakukan kerja sama semacam ini," ujarnya. (ren)