Harga Emas Tembus Rp1 Juta per Gram, Transaksi Buyback Antam Melonjak

Harga Emas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk atau Antam di pasar domestik pada Selasa, 28 Juli 2020, mengalami kenaikan mencapai Rp25 ribu per gram. Harga emas logam mulia Antam itu dibanderol seharga Rp1.022.000 per gram.

Berdasarkan data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, pembelian kembali (buyback) pun dipatok seharga Rp919 ribu per gram, atau naik sebesar Rp23 ribu per gram dari perdagangan sebelumnya.

Saat dikonfirmasi apakah kenaikan itu memengaruhi peningkatan animo masyarakat untuk melakukan buyback emas pada hari ini, SVP Corporate Secretary Antam, Kunto Hendrapawoko menjelaskan secara umum memang telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Pihaknya mencatat lini transaksi penjualan online logam mulia, pada periode April sampai Juni 2020 meningkat signifikan dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya. "Ini merupakan bentuk adaptasi pelanggan dan perusahaan pada situasi pandemi seperti saat ini," kata Kunto saat dihubungi VIVA, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca juga: Harga Emas Terus Meroket, Lalu Sampai Kapan Akan Bertahan?

Kunto menjelaskan, respons positif atas komoditas emas ini tidak dapat dipungkiri disebabkan pula oleh sifat safe haven dari emas itu sendiri. Logam mulia ini pun kerap menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diminati masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kunto mengatakan, pihaknya pun menyambut positif respons masyarakat, dan senantiasa melakukan inovasi produk melalui UBPP Logam Mulia untuk memenuhi kebutuhan pasar itu.

UBPP Logam Mulia sendiri adalah satu-satunya pabrik pemurnian emas di Indonesia, yang memiliki akreditasi Good Delivery List Refiner di London Bullion Market Association (LBMA).

Kunto mengakui, akreditasi LBMA ini memberikan tingkat akuntabilitas produk emas yang tinggi di mata pelanggan. Khususnya, dari beberapa inovasi produk logam mulia Antam selain emas logam mulia 99,99 persen, seperti misalnya emas batangan Batik Indonesia Seri I & II, dan Emas Bezel Seri I & II.

"Serta yang terbaru adalah seri birthday dan barrakallahu fii umrik yang diluncurkan pada 8 Juni lalu untuk melengkapi gift series yang sudah ada sebelumnya," ujarnya.