Bikin Geger, Tiba-tiba Bos AirAsia Jadi Tukang Ojek Antar Makanan

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes.
Sumber :
  • instagram @tonyfernandes

VIVA – Bos maskapai penerbangan terkemuka di dunia AirAsia, Tony Fernandes baru-baru ini membuat geger dunia maya. Sebab, dirinya berpose foto layaknya tukang ojek online yang sedang mengantarkan pesanan makanan ke pelanggannya.

Dikutip dari akun Instagram-nya @tonyfernandes, pada Senin 16 November 2020, terlihat Tony sedang memegang helm berlatarkan sepeda motor dengan boks berisi makanan pesan antarnya yang baru saja dirintisnya.

Nama layanan pesan antar makanan tersebut adalah Airasiafood, yang dapat dipesan melalui layanan airasia.com. Bisnis ini diketahui dilakukan Tony untuk mengatasi dampak dari pandemi COVID-19 yang menghantam usaha intinya yaitu penerbangan.

Usai memposting foto-foto di medsosnya, Tony mendapatkan banyak sambutan dari para warganet, dari yang ingin memesan nasi lemak, memberikan dukungan hingga menanyakan kapan layanan tersebut dapat dipesan di Indonesia.

Seperti yang ditanyakan oleh akun @punithan_selven yang menanyakan soal nasi lemak yang enak apakah tersedia, dan dijawab oleh Tony dengan, "Segera Anda akan mendapatkan nasi lemak yang murah". 

Lalu, akun @jungdii juga menanyakan kepada Tony tentang apakah layanan ini akan tersedia di Indonesia, dan dijawab, "Segera akan tersedia pada akhir tahun ini". 

Sementara itu, akun @ramu_moorthy memberikan saran kepada Tony untuk lebih memperkenalkan produk barunya melalui media sosial, karena masih banyak yang belum tahu adanya layanan baru tersebut.

Platform airasia.com

Di tengah pandemi COVID-19, maskapai penerbangan di Asia ini terus melakukan transformasi, salah satunya adalah aplikasi super ASEAN, airasia.com yang merupakan platform perjalanan, e-commerce dan finansial teknologi satu pintu dengan lebih dari 15 lini bisnis. 

Transformasi ke bisnis digital tersebut dilakukan untuk melengkapi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup. Transformasi ini lebih dari sekadar maskapai, tapi juga perubahan tampilan dan identitas brand di situs dan aplikasi, dari yang awalnya dikenal dengan AirAsia, Kini Semua Orang Bisa Terbang menjadi airasia.com

Selain itu, sejumlah langkah baru AirAsia terus dikembangkan di mana ada keinginan perusahaan ini untuk menyaingi Grab dan Gojek. Bahkan, Tony Fernandes menyatakan perusahaannya sedang membangun SuperApp.

Dia mengatakan, SuperApp AirAsia disiapkan untuk menyaingi pemain besar lain seperti Grab, Gojek hingga WeChat.

Platform tersebut akan berisi pengiriman makanan, belanja, pembayaran, hiburan, dan perjalanan. Sebagai langkah awal, AirAsia sudah kaya dalam database, yaitu memiliki lebih dari 60 juta pengguna.

"AirAsia selalu menjadi perusahaan digital. Kami merupakan salah satu penerbangan yang melakukan penjualan secara online. (Platform online) selalu ada dalam darah kami," ungkap Tony. (art)