Jusuf Hamka Ingin Bikin 1.000 Kebajikan, Begini Ceritanya

Jusuf Hamka.
Sumber :
  • Youtube VDVC

VIVA – Pengusaha muslim nasional keturunan Tionghoa, Jusuf Hamka, mengaku merogoh kocek hingga miliaran untuk membangun Masjid-masjid Babah Alun. Dia pun memiliki program membangun 1.000 masjid di seluruh Indonesia. 

Meski demikian, dia mengaku, ingin mengubah konsep program 1.000 masjid tersebut. Sebab, dia mendapat banyak masukan untuk mengubah konsep programnya menjadi 1000 kebajikan karena banyaknya masjid kosong.

"Program ke depannya mungkin bedah masjid kali yah, yang rusak. Karena pak Sofyan bilang, saya orang Aceh, di Aceh masih banyak yang sepi, karena kebanyakan mungkin," tutur dia, dikutip Kamis, 9 September 2021.

Namun, begitu, dia menyatakan, tidak serta merta akan memberhentikan program 1.000 masjid tersebut saat ini, meski sudah terbangun lima. Dia menargetkan bisa membangun 10 masjid di beberapa wilayah Indonesia dari program tersebut.

Baca juga: Mentan Syahrul Pastikan KEK Lido Kembangkan Sektor Pertanian

Adapun 5 Masjid Babah Alun yang telah dibangun adalah di kawasan Jabodetabek, Pertama di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Kedua di di kolong Tol Ir Wiyoto, Jalan Pasir Putih, Ancol dan Ketiga di ketiga di pinggiran Tol Depok-Antasari (Desari) Cilandak.

"Untuk yang ketiga ini saya juga kaget kemarin waktu rapat direksi saya pikir bikin ini cuma Rp5 miliar  ternyata Rp8 miliar, yang mahal ini aksesorisnya sendiri Rp3,5-4 miliar," ungkap pria yang akrab disapa Babah Alun ini.

Sementara itu, yang Keempat dibangun di di pinggiran Tol Sentul Selatan sedangkan yang Kelima dikatakannya dibangun di kawasan Jl Taman Suropati. Sisanya, untuk Masjid Babah Alun akan lebih banyak dibangun di luar kawasan Jabodetabek.

"Keenam rencananya di Cimanggis, Ketujuh di Kutawaringin, Bandung Barat, Kedelapan di Sumedang, Kesembilan di Tarakan, 10 di Pontianak. 10 dulu ya cukup. Tarakan bekas kantor saya, Pontianak bekas kantor saya dulu juga," papar Jusuf.

Mau tahu kisah Jusuf Hamka hingga mau merogoh kocek miliaran untuk membangun masjid dan menebar 1.000 kebajikan, saksikan wawancara lengkapnya dalam Program Speed Talk yang telah ditayangkan di Channel YouTube VDVC Talk #SpeedTalk #CariBeritaditvOne.