Kembangkan Bisnis, Badan Ekonomi Syariah Kadin Siap Latih Pelaku UMKM Produk Halal

Kepala Badan Ekonomi Syariah Kadin Indonesia, Taufan Eko Nugroho.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

VIVA Bisnis – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui Badan Ekonomi Syariah (BES), meluncurkan 'Kadin Halal Series 2023' sebagai wadah bagi para pelaku UMKM produk halal untuk mengembangkan bisnisnya.

Kepala Badan Ekonomi Syariah Kadin Indonesia, Taufan Eko Nugroho meyakini, upaya-upaya pengembangan produk halal dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, terutama bagi para pelaku UMKM.

"Karenanya kami terus berupaya untuk memberikan dukungan kepada para pelaku industri halal, agar dapat meningkatkan kualitas produk mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi," kata Taufan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 20 Maret 2023.

Ilustrasi produk dan logo halal.

Photo :
  • Official MIHAS

Dia mengatakan, hilirisasi industri halal berbasis UMKM adalah suatu upaya, untuk mengembangkan industri halal yang melibatkan UMKM di Indonesia. Apalagi, adanya Kadin Indonesia sebagai sebuah organisasi, memang berperan sebagai penghubung antara pemerintah dan sektor swasta terutama dalam hal pengembangan industri halal tersebut.

"Kadin Indonesia dapat berperan sebagai fasilitator, untuk memfasilitasi pelatihan dan pengembangan UMKM agar dapat memenuhi standar halal yang diperlukan," ujarnya.

Selain itu, Taufan memastikan bahwa Kadin Indonesia juga dapat membantu UMKM agar bisa memperoleh sertifikasi halal. Karena, sertifikasi halal itu memang sangat diperlukan, agar produk-produk mereka bisa diterima di pasar global yang saat ini sudah semakin berkembang.

Dalam hal ini, Kadin dapat memainkan peran penting dalam membantu UMKM, untuk meningkatkan kapasitas produksi, dan kualitas produk mereka agar dapat bersaing di pasar global. Selain itu, lanjut Taufan, Kadin juga dapat membantu dalam hal pemasaran produk halal UMKM Indonesia di pasar global, melalui kerja sama dengan organisasi dagang dan pemerintah di negara-negara lain.

"Dengan adanya hilirisasi industri halal berbasis UMKM bersama Kadin Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional dengan meningkatkan ekspor produk halal Indonesia," kata Taufan.

"Selain itu, hilirisasi ini juga dapat memberikan peluang bagi UMKM, untuk dapat meningkatkan kualitas produk dan memasuki pasar global yang semakin berkembang," ujarnya.