Ungkap Karakter Kim Jong Un Lewat Tulisan Tangannya

Tulisan tangan Kim Jong Un.
Sumber :
  • Korea Herald

VIVA – Sebagai pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan, setiap kata dan isyarat yang dilakukan Kim Jong Un menarik perhatian media. Salah satunya adalah bentuk tanda tangan Kim.

Setelah berbagi percakapan ramah dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In, kedua pemimpin berjalan bersama ke tempat pertemuan. Sebelum memulai diskusi, Kim sempat mengisi buku tamu dan meninggalkan pesan tulisan tangan.

"Sejarah baru dimulai sekarang. Di titik awal sejarah dan era perdamaian," tulis Kim dalam buku tersebut. Di bawah pesan, ia menuliskan nama dan tanggal pesan itu ditulis. Diketahui, Kim membawa pulpen khusus dari Pyongyang.

Berdasarkan foto yang beredar, sebagaimana dilansir Korea Herald, tulisan tangan Kim Jong Un sedikit miring, dengan arah ke atas. Menurut para ahli, tulisan tangan itu menunjukkan kepribadian yang penuh semangat dan egois.

"Seluruh tulisan sedikit miring dan mengarah ke atas di sisi kanan. Jenis tulisan ini sering terlihat pada tokoh-tokoh yang sukses dan terkemuka. Itu mencerminkan bahwa mereka penuh percaya diri," kata Lee Hee Il, Kepala Laboratorium Ilmu Forensik Internasional.

Lee juga menjelaskan bahwa penyejajaran kata-kata yang tidak teratur, yang mengarah ke atas pada baris kedua, juga mengisyaratkan bagaimana Kim bersemangat dan sangat gembira ketika dia menulis pesan.

Selain itu Lee juga mengatakan, tanda tangan dari nama Kim ditulis dengan gaya yang konsisten, jika dibandingkan dengan tanda tangan sebelumnya yang banyak diberitakan media massa sebelumnya.