8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,
Sumber :
  • ANTARA/KCNA via REUTERS

VIVA – Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya. Pada tahun 2012, seorang perempuan yang bernama Ri Sol-ju mulai muncul bersama dengan Kim Jong-un. Setelah itu, mulai spekulasi dan media Korea Utara hanya mengonfirmasi informasi tersebut. Ri Sol-ju sebetulnya adalah istri dari pemimpin negara. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sejauh ini, diduga Ri Sol-ju diduga merupakan ibu dari ketiga anaknya. Akan tetapi, ada informasi yang mengatakan dia merupakan seorang penyanyi dan pemandu sorak sebelum menikah dengan Kim Jong-un. Tidak dapat disangkal bahwa Ibu Negara Korea Utara ini menarik perhatian seluruh dunia. Pemimpin Korut, Kim Jong-un sendiri merupakan orang yang mempunyai banyak rahasia dan dikenal dengan peraturan aneh serta ketat di negaranya. 

Bahkan, Korea Utara sudah lama memanipulasi media arus utama dan membuat pernyataan yang membuat seluruh dunia menatap tidak percaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kim Jong-un kerap menjadi perbincangan di dunia internasional. Salah satunya adalah aturan terhadap sang istri, Ri Sol-ju. Nah, menyadur dari India Times berikut adalah ulasan tentang aturan aneh untuk Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol-ju.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

1. Dipaksa Menikah

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

Photo :
  • ANTARA/KCNA via REUTERS
Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Bila wanita di seluruh dunia yang mempunyai kebebasan untuk memilih pasangan mereka, tapi berbeda dengan kasus Ri. Menurut laporan bahwa dia dipaksa untuk menikah dengan Kim Jong-un. Usai menderita penyakit jantung pada tahun 2008, Kim Jong-il, seorang diktator hawkish dan ayah dari Kim Jong-un memerintahkan Kim untuk menikah dengannya dan di negara ini tidak mungkin menolak aturan aneh dari seorang diktator. 

2. Tidak Boleh Bertemu dengan Keluarga

Ri Sol-ju bukan warga biasa sebelum menikah dengan Kim Jong-un. Dia merupakan dari keluarga terhormat dan kaya raya. Ibu Ri merupakan seorang kepala bangsal ginekologi rumah sakit dan sang ayah adalah seorang profesor. 

Ia bertemu dengan Kim Jong-un lewat pamannya yang sebetulnya adalah seorang penasihat militer. Akan tetapi, ada aturan aneh yang semenjak menjadi Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol-ju tidak memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk bertemu dengan keluarganya. 

3. Mengubah Nama Setelah Menikah

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol Ju.

Photo :
  • U-Report

Walaupun sangat umum di seluruh dunia bagi seorang istri untuk mengadopsi nama suaminya dan beberapa juga lebih memilih untuk mempertahankan nama lahirnya. Namun, berbeda dengan Ri Sol-ju yang memiliki masalah yang lebih rumit dan aturan aneh usai menikah dengan Kim. 

Dia perlu meninggalkan nama lahirnya dan juga mengadopsi nama baru usai menikah dengan Kim Jong-un. Bukan hanya itu, seluruh masa lalunya sengaja disembunyikan. Bahkan, nama asli dan tahun lahir Ri masih menjadi misteri sampai saat ini. 

4. Penampilan Publik Dibatasi

Tak seperti kebanyakan Ibu Negara di dunia, Ri Sol-ju tidak dapat tampil di depan umum sendirian. Bahkan, hampir tidak mungkin melihat Ri sendirian karena ia kerap ditemani oleh sang suami, Kim Jong-un. Bahkan, anak-anaknya juga tidak boleh terlihat di publik. Maka dari itu, tidak ada satu pun di media sosial atau internet penampakan wajah anak mereka. 

5. Tidak dapat Meninggalkan Korea Utara

Ri Sol Ju dan Kim Jong Un

Photo :
  • Instagram

Aturan aneh berikutnya adalah Ri Sol-ju juga tidak diizinkan untuk pergi atau melakukan tur di luar negaranya. Dia hanya bisa berpartisipasi dalam kunjungan terkait pemakaman usai kematian seorang pemimpin dan tentunya ditemani oleh sang suami. 

Menurut berbagai sumber di seluruh dunia, Ri Sol-ju sebetulnya pernah meninggalkan negara tersebut beberapa kali sebelum menikah dengan sang diktator. Diketahui bahwa Ri pernah belajar di China untuk beberapa waktu dan bahkan pernah mengunjungi Korea Selatan sebagai pemandu sorak. 

6. Gaya Rambut dan Baju 

Sejak awal pernikahannya dengan Kim, Ri Sol-ju tampil sangat unik dan menonjol. Ia menjadi pusat perhatian karena penampilannya yang ala Barat ketika pertama kali muncul di hadapan publik. Bahkan, dia tidak diperbolehkan untuk mengenakan jeans. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu koleksi busananya mulai menghilang. Semua itu diganti dengan pakaian yang lebih konservatif dan perlu mendapatkan persetujuan dari sang suami. Demikian juga dengan gaya rambut, Ri tidak pernah mengubahnya sejak ia melahirkan putri pertama. 

7. Dipaksa Memiliki Anak Laki-Laki

Howard, pria mirip Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara yang diusir paksa usai menyambangi cheerleader Korea Utara di pertandingan Hoki, Rabu (13/2/2018)

Photo :
  • VIVA/huffingtonpost

Pasangan ini menikah pada tahun 2009 dan laporan anak pertama mereka dibuat tahun 2010. Sejak saat itu, Ri dilaporkan memiliki dua anak lagi. Namun, laporan tersebut mengatakan bahwa kedua anak pertamanya tidak memuaskan untuk sang diktator karena keduanya adalah perempuan. 

Sejumlah sumber mengatakan bahwa Ri Sol-ju dipaksa untuk melahirkan tepat setelah pernikahannya. Bahkan, dirinya mendapatkan banyak tekanan untuk bisa melahirkan seorang anak laki-laki. 

8. Menyembunyikan Kehamilan

Aturan aneh terakhir adalah Ri Sol-ju sudah hidup di bawah perlindungan yang sangat ketat sejak dirinya menjadi bagian dari keluarga penguasa Korea Utara. Namun, tingkat keamanan dan isolasi tersebut semakin diperkuat saat dia hamil.

Ri Sol-ju menghilang dari publik selama beberapa bulan. Sementara itu, ketakutan terburuk mengenai nasib Ri meningkat, sejumlah foto dan laporan mengatakan bahwa dia hamil, sehingga secara sengaja berusaha untuk menghindari sorotan publik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya