Pasangan Sejenis Perdana Menteri Serbia Melahirkan Hebohkan Publik

PM Serbia Ana Brnabic
Sumber :
  • NDTV/Twitter @anabnarbic

VIVA – Pasangan Perdana Menteri Serbia Ana Brnabic dilaporkan melahirkan bayi yang diberi nama Igor dan kondisi ibu serta bayinya disebutkan sehat. Dilansir laman BBC, kejadian ini merupakan yang pertama di dunia yang mana Ana Brnabic merupakan PM perempuan pertama sekaligus homoseksual pertama di negara itu.

Brnabic, perempuan berusia 43 tahun itu menjadi PM Serbia sejak 2017. Namun, kalangan aktivis Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di negara itu kerap mengkritik Brnabic lantaran dia dianggap kurang memperjuangkan hak-hak homoseksualitas di negaranya. 

Bahkan, Brnabic disebut tak tertarik dengan kampanye dan parade LGBT yang kerap dilakukan di sejumlah negara.

Naiknya Brnabic menjadi PM bahkan hal yang sangat mengejutkan di negara-negara Balkan lantaran pernikahan sesama jenis belum dilegalkan di sana.

"Ana Brnabic merupakan PM pertama yang memiliki pasangan sejenis dan pasangannya sudah melahirkan, barang kali ini yang pertama di dunia," dirilis kantor resmi PM Serbia.

Disebutkan, pasangan Brnabic adalah seorang dokter dengan nama Djurdjic yang hamil dengan bantuan inseminasi. Keduanya dikabarkan bertemu di sebuah bar di Belgrade hingga mereka akhirnya menjadi pasangan kekasih.

Sementara itu, Serbia merupakan salah satu negara yang cukup konservatif dan rakyatnya disebut cenderung homofobia. Konstitusi negara itu jelas menerakan bahwa pernikahan yang diterima adalah antara pria dan wanita. Namun, pasangan hidup bersama tanpa ikatan pernikahan memang dianggap bukan hal aneh di negara itu. (art)