Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Sabtu, 15 Juni 2019 | 07:32 WIB

RI Tukar Pesawat dengan Beras Ketan, Ini Contoh Barter Antarnegara

Foto :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pengerjaan badan pesawat CN235-220 di hanggar sub assembly CN235 PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung

Barter menjadi cara tertua dalam melakukan bisnis di dunia, sejumlah contoh yang pernah terjadi adalah Indonesia, pernah menukar pesawat dengan beras ketan Thailand dan Pepsi ditukar dengan kapal perang Uni Soviet.

Pertukaran barang dan jasa mendahului penggunaan uang dan diyakini berkembang sejak masyarakat sosial pertama. Kini, sistem barter identik dengan negara-negara yang bergejolak.

Baca Juga

Contohnya, nelayan di Venezuela yang menukar ikan tangkapannya dengan kebutuhan makanan atau obat-obatan, karena hiperinflasi di negaranya yang terjadi selama beberapa tahun, membuat mata uang mereka tak berharga.

Atau, contoh lain, jaringan sistem barter di Yunani yang muncul pada saat negara itu berada di tengah-tengah krisis finansial sekitar delapan tahun lalu.

Bagaimana pun, bukan hanya perorangan yang melakukan barter, tapi juga pemerintah.

Dan lagi-lagi, seringkali ini karena negara tersebut menghadapi krisis dan isolasi keuangan di panggung dunia, seperti yang terjadi dengan Venezuela dan Iran saat ini.

Bagi kedua negara, sistem barter membuat mereka sedikit leluasa dari blokade ekonomi AS.

Sistem barter juga terkadang digunakan oleh perusahaan-perusahaan, seperti produsen pesawat Indonesia, Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang menukar dua pesawatnya dengan 110.000 ton beras ketan dari Thailand pada 1996. Hanya itu yang ditawarkan oleh para penjual Thailand saat itu.

Menilik sejarah, hal yang sama juga dilakukan oleh perusahaan raksasa asa AS, Pepsi yang menukar minuman bersodanya dengan saus tomat Uni Soviet, agar bisa masuk ke pasar negara itu pada 1970an.


Iran menukar minyak mentah dengan beras dari India. Beras adalah makanan utama bagi orang Iran. - Getty Images

Pepsi, yang memiliki jaringan gerai Pizza Hutt pada saat itu, menggunakan saus tomat di pizza bikinannya di seluruh Eropa barat.

Bahkan, perusahaan itu menukar produk minumannya dengan vodka, bahkan hingga kapal perang Uni Soviet

Grup band populer asal Swedia, Abba, melakukan hal yang mirip dengan yang dilakukan oleh Uni Soviet, mereka mendapatkan royalti mereka dalam bentuk buah-buahan, sayuran dan minyah mentah yang kemudian mereka jual di pasar global.

Kembali ke Iran, negara itu menggunakan sistem barter untuk mendukung perekonomian setelah AS mengenakan saksi terhadap negara itu usai revolusi Iran apda 1979.

Setelah itu, orang-orang Iran harus membarter lebih banyak lagi setelah sanksi yang lebih ketat dikenakan oleh PBB antara tahun 2010 hingga 2015.


Hubungan erat Venezuela and Cuba dimulai pada masa pemerintahan Hugo Chavez dan Fidel Castro - Getty Images

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler