Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Rabu, 21 Agustus 2019 | 22:01 WIB

Ngambek Greenland 'Not for Sale', Donald Trump Batal Kunjungi Denmark

Foto :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana lawatan kenegaraan ke Denmark setelah Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengatakan Greenland tidak dijual.

Trump dijadwalkan berkunjung pada 2 September 2019 atas undangan Ratu Denmark Margrethe II.

Baca Juga

Kemudian minggu lalu Trump menyatakan AS tertarik untuk membeli Greenland, kawasan otonomi khusus di bawah Denmark.

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen menyatakan keinginan itu "konyol" dan berharap Trump tidak serius ketika menyatakannya.

Apa yang terjadi?

Sembari menyatakan Denmark sebagai "negara yang sangat spesial" Trump bercuit bahwa ia batal ke Denmark karena Frederiksen "tidak berminat mendiskusikan penjualan Greenland".

Pembatalan ini telah dipastikan oleh juru bicara Gedung Putih. Pihak kerajaan Denmark juga telah memastikan mereka telah diberitahu soal pembatalan itu.

Kepala bagian komunikasi kerajaan Lene Balleby, menyatakan kepada BBC "tentu ini mengejutkan", karena beberapa jam sebelum pembatalan, Duta Besar Amerika di Denmark Carla Sands menyatakan Denmark siap menerima Trump.

Ia sebelumnya memastikan ia tertarik membeli Greenland. "Pada pokoknya ini jual beli real estate yang besar," katanya. Lalu hari Senin (19/08) ia memasang foto pencakar langit warna emas di antara rumah-rumah kecil di pulau Greenland.

Reaksi Greenland dan Denmark

Ide membeli Greenland ini ditepis oleh Menteri Besar Greenland Kim Kielsen. "Greenland tidak untuk dijual. Greenland terbuka untuk perdagangan dan kerjasama dengan negara lain, termasuk Amerika Serikat," katanya.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
AS Tuding WHO Bela China Revisi Data Korban Corona di Wuhan
BERITA - 4 bulan lalu
Terpopuler