Denmark Wajibkan Militer Wanita untuk Pertama Kalinya, Masa Bakti Juga Diperpanjang

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen
Sumber :
  • Agus Setiawan

VIVA – Wanita di Denmark harus wajib militer untuk pertama kalinya di bawah perombakan angkatan bersenjata yang diusulkan yang terjadi di tengah memburuknya hubungan Eropa dengan Rusia dan perang di Ukraina.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

VIVA Militer: Jet tempur F-16 Angkatan Udara Denmark

Photo :
  • mercopress.com

“Kami tidak mempersenjatai kembali karena kami menginginkan perang. Kami mempersenjatai kembali karena kami ingin menghindarinya,” kata Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, dikutip dari AP Jumat, 15 Maret 2024.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Pemerintah, katanya, menginginkan “kesetaraan penuh antara jenis kelamin” dan untuk memperpanjang masa dinas militer dari empat menjadi 11 bulan.

Denmark saat ini memiliki hingga 9.000 pasukan profesional di atas 4.700 wajib militer yang menjalani pelatihan dasar, menurut angka resmi. Pemerintah ingin meningkatkan jumlah wajib militer dari 300 hingga mencapai total 5.000.

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Negara ini adalah anggota aliansi NATO dan pendukung setia Ukraina dalam perangnya melawan invasi Rusia.

Menteri Luar Negeri Lars Løkke Rasmussen menekankan bahwa Rusia tidak menimbulkan ancaman bagi Denmark.

“Tapi kami tidak akan membawa diri kami ke tempat di mana mereka bisa datang untuk melakukan itu,” kata Løkke Rasmussen.

Ilustrasi tentara australia.

Photo :
  • Dan Peled/AAP Image via AP.

Semua pria yang sehat secara fisik di atas usia 18 tahun dipanggil untuk dinas militer, yang berlangsung kira-kira empat bulan. Namun, karena ada cukup sukarelawan, ada sistem lotere, yang berarti tidak semua pemuda melayani.

Pada tahun 2023, ada 4.717 wajib militer di Denmark. Wanita yang menjadi sukarelawan untuk dinas militer menyumbang 25,1% dari kelompok, menurut angka resmi.

Menteri Pertahanan Troels Lund Poulsen mengatakan sistem baru akan membutuhkan perubahan dalam undang-undang, yang katanya akan terjadi pada tahun 2025 dan mulai berlaku pada tahun 2026.

Situasi kebijakan keamanan di Eropa, kata Lund Poulsen, telah menjadi semakin serius, dan kita harus memperhitungkannya ketika kita melihat pertahanan masa depan.

“Dasar yang lebih luas untuk perekrutan yang mencakup semua jenis kelamin diperlukan. Itu akan menciptakan pertahanan yang lebih fleksibel dan lebih lengkap,” imbuhnya.

Di bawah rencana yang kemungkinan ada mayoritas di parlemen Denmark, wajib militer pertama-tama akan menghabiskan lima bulan dalam pelatihan dasar, diikuti oleh enam bulan dalam layanan operasional bersama dengan pelatihan tambahan.

Pada tahun 2017, negara tetangga Swedia melembagakan draf militer untuk pria dan wanita karena pemerintah Swedia berbicara tentang lingkungan keamanan yang memburuk di Eropa dan di sekitar Swedia. 

Negara Skandinavia sebelumnya telah menghapuskan wajib militer untuk pria pada tahun 2010 karena ada cukup sukarelawan untuk memenuhi kebutuhan militernya. Itu tidak pernah memiliki wajib militer untuk wanita sebelumnya.

Norwegia memperkenalkan undang-undang pada tahun 2013 yang menerapkan wajib militer untuk kedua jenis kelamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya