5 Negara Sekutu Israel Ini Terungkap Miliki Anggaran Militer dengan Jumlah Fantastis

Tentara Israel, tank, howitzer dan kendaraan lapis baja terlihat ketika mobilitas militer Israel terus berlanjut di perbatasan Gaza, di Nahal Oz (Doc: Anadolu Ajansi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Ada lima negara sekutu Israel yang memiliki anggaran militer terbesar di dunia, salah satunya adalah Amerika Serikat (AS).

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sejak mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1948, Israel telah membangun hubungan dengan berbagai negara. Seiring berjalannya waktu, Israel mendapatkan dukungan luas, menjadikannya sekutu strategis.

Para pendukung Israel tidak sembarang negara; mereka termasuk negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang tangguh. Tidak hanya memiliki jumlah personel militer yang besar, tetapi juga mengalokasikan anggaran militer yang signifikan.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Jadi, negara mana saja yang menjadi sekutu Israel dengan anggaran militer terbesar? Berdasarkan data dari Global Fire Power (GFP), berikut ini adalah daftarnya:

1. Amerika Serikat

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Israel

Photo :
  • jpost.com

Amerika Serikat menjadi sekutu utama yang dimiliki Israel. Keberadaanya ini membuat negara-negara lain setidaknya berpikir kembali apabila ingin menyerang Tel Aviv. Tak hanya dukungan lewat ranah politik, Amerika Serikat juga rutin mengucurkan bantuan militer ke Israel.

Hal ini sejatinya tidak mengherankan, mengingat statusnya sebagai negara dengan militer terkuat dan punya anggaran berlimpah. Menurut data Global Fire Power (GFP), Amerika Serikat memiliki anggaran pertahanan mencapai USD761,6 miliar.

Angka ini menjadikannya yang terbesar di antara negara lain yang turut mendapat pemeringkatan GFP. Jika dibandingkan posisi kedua yang diisi China, jumlahnya juga terbilang beda jauh. Beijing sendiri punya angka anggaran pertahanan sebesar USD230 miliar.

2. Jerman

Terlepas dari banyaknya protes yang dilakukan warga negaranya atas krisis di Palestina, sikap Jerman tetap condong berada di samping Israel. Pada riwayatnya, mereka juga kerap memasok senjata untuk negara Yahudi tersebut.

Pada kekuatan militernya, Jerman juga memiliki kemampuan yang tak bisa diremehkan. Anggarannya sendiri mencapai USD52,3 miliar.

Selain anggaran pertahanan besar, Jerman juga memiliki banyak tentara. Kemudian, mereka dibekali berbagai persenjataan canggih di sektor darat, laut hingga udara.

Berikutnya ada Australia. Sebagaimana Jerman, warga negaranya telah banyak memprotes kebijakan pemerintah yang seakan selalu mendukung tindakan Israel atas konfliknya dengan Palestina. Kendati begitu, Australia tetap masuk jajaran pendukung Israel.

Beberapa kali, mereka juga memberikan bantuan militer, baik dari senjata hingga pelatihan tentara. Pada aspek anggaran pertahanan, Australia memiliki USD52,1 miliar. Angka ini terbilang besar karena mengungguli sejumlah negara-negara besar di dunia

4. Inggris

Inggris menjadi salah satu pendukung utama Israel di Eropa. Mereka bahkan punya pengaruh untuk menekan negara-negara lain agar patuh dan mengikuti dukungannya ke Tel Aviv.

Bicara militer, tak perlu diragukan lagi kekuatan yang dimiliki Inggris. Bersama anggaran mencapai USD50,2 miliar, mereka juga punya banyak tentara terlatih yang didukung persenjataan mumpuni.

5. Prancis

Ilustrasi tentara Prancis.

Photo :
  • AP Photo/Christophe Ena.

Sikap Prancis terhadap konflik Israel-Palestina tak berbeda jauh dengan negara Barat lain. Di satu sisi, mereka menyerukan gencatan senjata untuk mengakhiri konflik, namun kebijakannya juga banyak yang mendukung Israel.

Tak hanya memberikan pernyataan-pernyataan yang mendukung Israel, Prancis juga beberapa kali menyematkan bantuan militer. Pada deretan sekutu Israel, mereka juga menjadi salah satu yang punya anggaran militer terbesar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya