Makkah dan Madinah Diprediksi akan Diguyur Hujan Selama Bulan Suci Ramadhan

Jemaah shalat fardhu di Masjidil Haram, Mekkah.
Sumber :
  • ANTARA/Desi Purnamawati

VIVA – Menurut Pusat Metereologi Nasional Arab Saudi (NCM) pada bulan Maret, April, dan Mei tahun ini, sebagian besar wilayah Arab Saudi kemungkinan akan mengalami curah hujan selama musim semi

Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Wilayah tersebut tidak termasuk wilayah Provinsi Timur, Hail, Perbatasan Utara, Al-Jouf, Tabuk, dan Asir dimana terdapat kemungkinan 50 persen curah hujannya kurang dari rata-rata yang mungkin diterima di wilayah lain, dilansir dari Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji pada Jumat, 15 Maret 2024.

VIVA Militer: Mekkah

Photo :
  • Haramain
Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Suhu di sebagian besar wilayah Kerajaan akan meningkat sebesar 2 derajat di atas suhu normal dengan kenaikan satu setengah derajat di Jazan, Makkah, Madinah, Asir, dan Tabuk, menurut laporan NCM.

Seorang analis cuaca dari Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, Aqeel Al-Aqeel, memperkirakan curah hujan selama periode pertama Ramadhan hingga akhir Maret akan mencapai 40% di Mekah dan 70% di Madinah dan juga akan berada di sekitar rata-rata pada bulan April.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

 “Perkiraan menunjukkan peningkatan suhu permukaan di Mekah sebesar satu setengah derajat dan di Madinah sebesar dua derajat,” kata Al-Aqeel dalam laporannya melalui stasiun tv Al-Ikhbariya.

Pada Senin 11 Maret 2024,  NCM telah mengeluarkan laporan terperinci tentang prediksi iklim untuk musim semi yang akan datang, dimulai pada bulan Maret dan berlangsung hingga Mei.

Prakiraan iklim menunjukkan bahwa pada bulan Maret, kemungkinan curah hujan akan di sekitar tingkat normal di sebagian besar wilayah Kerajaan dengan tingkat 50-60 persen. 

Di sisi lain, di beberapa wilayah Najran dan Jazan, curah hujan akan lebih tinggi dari rata-rata dan kurang dari rata-rata di beberapa wilayah seperti Hail, Al-Jouf, dan Wilayah Perbatasan Utara.

Selama bulan April, NCM memperkirakan tingkat curah hujan normal di sebagian besar wilayah Kerajaan, sementara curah hujan akan lebih tinggi dari rata-rata di beberapa wilayah seperti Madinah, Al-Qassim, dan Hail, sementara kemungkinan penurunan akan terjadi curah hujan di sebagian wilayah Provinsi Timur, Perbatasan Utara, dan Asir.

Selain itu, NCM memperkirakan bahwa selama bulan Mei, hujan akan turun di sekitar tingkat normal di sebagian besar wilayah Kerajaan. Di Provinsi Timur, Tabuk, dan Wilayah Perbatasan Utara, hujan diperkirakan akan lebih tinggi dari rata-rata dan di beberapa wilayah Asir dan Jazan, hujan diperkirakan akan kurang dari biasanya.

Suhu permukaan di sebagian besar wilayah Kerajaan diperkirakan akan meningkat sekitar dua derajat selama bulan Maret, dengan pengecualian bagian timur laut, di mana suhu mungkin mencapai dua setengah derajat Celcius dan kenaikan satu setengah derajat di wilayah Makkah, Al-Baha, Asir, Jazan, dan Najran.

Suhu di seluruh Kerajaan diperkirakan akan meningkat selama bulan April, dengan kenaikan sekitar dua derajat di sebagian besar wilayah Kerajaan dan satu setengah derajat di Jazan dan Najran, serta bagian pesisir Makkah.

Masjid Syuhada di Jabal Uhud Madinah

Photo :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

Selama bulan Mei, laporan itu menyatakan bahwa suhu diperkirakan akan naik dua derajat di wilayah Riyadh, Provinsi Timur, Al-Qassim, dan Najran dan akan mencapai satu setengah derajat di beberapa wilayah kerajaan, termasuk sebagian Provinsi Timur, Hail, Madinah, Makkah, dan Jazan, dan satu derajat di wilayah lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya