Kim Jong-un Ucapkan Selamat kepada China Berhasil Atasi Corona

Pemimpin Korut, Kim Jong-un, bersama Presiden China, Xi Jinping.
Sumber :
  • Financial Times

VIVA – Pemimpin tertinggi di Korea Utara, Kim Jong-un, mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden China, Xi Junping atas keberhasilan negara tersebut mengatasi virus Corona. Kabar ini dilaporkan oleh Kantor Berita Korea Utara, KCNA, pada Jumat 8 Mei 2020.

Namun, KCNA tidak menjelaskan secara rinci mengenai isi pesan verbal Kim Jong-un kepada Xi Jinping. Belum jelas juga, apakah Kim dan Xi berbicara langsung atau tidak.

KCNA hanya mengabarkan, bahwa pesan itu dikirimkan Kim kepada Xi sehubungan dengan fakta tentang keberhasilan China dalam mencegah COVID-19 lebih luas lagi. Makanya, Kim menyempatkan memberikan salam hangat kepada Xi.

Baca Juga: Sebar Ayat Palsu Tentang Corona, Seorang Wanita Ditangkap di Tunisia

Meskipun berbatasan sangat dekat China, yang merupakan pusat penyebaran virus Corona, Korea Utara mengklaim, belum ada kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi. Spekulasi itu menimbulkan keraguan dari sejumlah pihak, termasuk Pasukan Amerika Serikat yang berada di Korea Selatan.

Sementara itu, terkait hubungan diplomatik kedua negara dalam beberapa dekade terakhir, China kerap khawatir dengan ketidakstabilan kepemimpinan di Korea Utara. China melihat, proyek senjata nuklir yang terus dikembangkan Korut dapat memicu krisis kemanusiaan di perbatasan kedua negara tersebut.

Stabilitas ekonomi Korut yang masih miskin juga menjadi sorotan karena tidak hanya berdampak pada China dan negara-negara tetangga terdekatnya, tapi juga seluruh dunia. Apalagi, jika terjadi kekosongan kepemimpinan di Korut, maka akan menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang bakal mengendalikan persediaan bahal fisil yang cukup banyak untuk membuat 60 bom nuklir dan ratusan rudal yang mampu mengirimkan muatan atom.