Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Selasa, 12 Mei 2020 | 00:02 WIB

Penelitian Aneh di China, Kloning Kera dan Edit Gen Bayi

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Dinia Adrianjara
Foto :
  • Pixabay/Herney
Ilustrasi penelitian.

VIVA – Para ilmuwan di China diduga tengah mengembangkan proyek dengan mengkloning kera dan mengedit gen bayi. Meski proyek tersebut mengerikan, penelitian mutakhir tersebut dapat mengarah pada penyembuhan penyakit Parkinson dan Alzheimer.

China telah lama melakukan penelitian pada kera dan monyet karena meyakini bahwa kedua hewan tersebut menjadi kunci untuk memahami gangguan otak pada manusia. Luar biasanya, Institute of Neuroscience (ION) di Shanghai, mengkloning lima bayi monyet tahun lalu dari kera dewasa, yang telah diedit secara genetik.

Baca Juga

Hasilnya adalah bayi primata yang dengan sengaja terlahir, dengan mutasi yang mengganggu siklus tidur-bangun mereka. Dengan memberikan obat baru pada bayi monyet untuk mengobati gangguan otak mereka, para ilmuwan berharap mengembangkan perawatan untuk penyakit seperti Alzheimer.

Tidak heran ION dijuluki sebagai 'cern of neurobiology primata'. Lembaga ini berhasil mengkloning dua kera pada tahun 2018, menjadi yang pertama di dunia meyakinkan para ahli untuk melakukan percobaan lebih lanjut.

Topik Terkait
Saksikan Juga
AS Tuding WHO Bela China Revisi Data Korban Corona di Wuhan
BERITA - 4 bulan lalu
Terpopuler