Menlu Retno Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Ledakan di Lebanon

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis

VIVA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada Lebanon atas ledakan besar di ibu kota Beirut yang terjadi kemarin sore waktu setempat. Ledakan tersebut menimbulkan puluhan korban jiwa dan ribuan orang terluka.

"Indonesia berdiri dalam solidaritas dengan orang-orang di Lebanon pada masa duka ini. Belasungkawa dan simpati saya sampaikan kepada keluarga, orang-orang dan Pemerintah Lebanon," tulis Retno lewat akun Twitter @Menlu_RI.

Sebelumnya, Duta Besar RI di Lebanon, Hajriyanto Thohari, memastikan seluruh warga negara Indonesia yang tinggal di Kota Beirut dalam keadaan aman dan selamat. Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon tepatnya di Port of Beirut pada pukul 18.02 waktu setempat.

Baca juga: Tangis Gubernur Beirut Lihat Kotanya Porak-poranda Akibat Ledakan

Hajriyanto mengatakan pihak KBRI Beirut sudah berkomunikasi dengan pihak Kepolisian setempat dan meminta laporan apabila ada informasi mengenai WNI. Pihak Kepolisian juga memastikan akan segera menyampaikan informasi tersebut kepada perwakilan Indonesia.

Sejauh ini satu orang WNI yang sedang dikarantina di RS Rafiq Hariri yang tidak jauh dari lokasi ledakan, sudah terkonfirmasi aman. Korban hanya mengalamai luka ringan dan telah ditangani oleh rumah sakit, sehingga kini telah kembali ke apartemen tempat tinggalnya.

"KBRI telah menyampaikan imbauan melalui Whatsapp Group dan melalui simpul-simpul WNI. Sejauh ini WNI terpantau aman. KBRI mengimbau untuk segera melapor apabila berada dalam situasi tidak aman," kata Hajriyanto dalam keterangan resminya.

Tercatat terdapat 1.447 WNI di Lebanon di antaranya 1.234 Kontingen Garuda di bawah Misi Perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa dan 213 WNI sipil, termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa. (ase)