Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Ilustrasi alutsista persenjataan Hamas
Sumber :
  • AP Photo/Khalil Hamra

Gaza – Organisasi militer Palestina Hamas mengatakan, para militannya di Lebanon selatan telah meluncurkan serangkaian roket ke posisi militer Israel di utara, ketika pertempuran sedang berkecamuk di Jalur Gaza.

Zalim, Inggris Bersikeras Takkan Setop Suplai Senjata ke Israel

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang di Gaza, sekutu kuat Hamas di Lebanon, Hizbullah, hampir setiap hari saling baku tembak dengan pasukan Israel di seberang perbatasan.

Faksi-faksi Palestina dan kelompok sekutu lainnya di Lebanon juga terkadang mengaku melakukan serangan.

Netanyahu Murka Presiden Kolombia Desak Penangkapannya atas Genosida di Gaza

"Pejuang Hamas telah menembakkan serangan roket terkonsentrasi dari Lebanon selatan menuju posisi militer Israel," kata Brigade Ezzedine al-Qassam dalam sebuah pernyataan di Telegram, dikutip dati Alarabiya, Senin, 29 April 2024.

Sistem rudal pertahanan Iron Dome Israel untuk mencegah roket Hamas

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit
300 Ribu Warga Palestina Tinggalkan Kota Rafah Setelah Dibombardir Israel

Hamas menggambarkan bahwa tindakan tersebut sebagai tanggapan terhadap pembantaian musuh Zionis (Israel) di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Tentara Israel mengatakan bahwa sekitar 20 peluncuran melintasi Lebanon ke wilayah Israel, tetapi mereka berhasil mencegat sebagian besar roket.

“Tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan,” kata militer Israel

Serangan roket terbaru terjadi ketika para perunding Hamas diperkirakan tiba di Mesir pada hari Senin, di mana mereka dijadwalkan untuk menanggapi proposal terbaru Israel untuk gencatan senjata yang telah lama ditunggu-tunggu di Gaza dan pembebasan sandera. Pada 21 April laluz Brigade Qassam mengklaim serangan roket ke Israel utara.

Ilustrasi Hamas di Berlin

Photo :
  • The Telegraph

Serangan pada bulan Januari, yang menurut seorang pejabat pertahanan AS dilakukan oleh Israel, menewaskan wakil pemimpin Hamas Saleh al-Aruri dan enam militan lainnya di kubu Hizbullah di Beirut selatan.

Di Lebanon, setidaknya 385 orang tewas dalam kekerasan lintas batas selama berbulan-bulan, termasuk sedikitnya 73 warga sipil. Penghitungan tersebut juga mencakup setidaknya 11 pejuang Hamas.

Israel mengatakan 11 tentara dan sembilan warga sipil tewas di sisi perbatasannya. Puluhan ribu orang juga telah mengungsi di kedua sisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya