Video Serangan Roket Jatuh Saat Presiden Afghanistan Salat Idul Adha

Kepanikan ketika roket jatuh saat pelaksanaan Salat Idul Adha di Afghanistan.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Rentetan serangan roket melanda Ibu Kota Kabul, Afganistan saat pelaksanaan salat Idul Adha sedang berlangsung. Roket-roket tersebut jatuh di sekitar istana Presiden, di saat Presiden Ashraf Ghani melakukan salat Idul Adha.

Diketahui ada tiga roket menghantam ibu kota Afghanistan dan jatuh di dekat istana presiden selama pelaksanaan salat Idul Adha, Selasa 20 Juli 2021. Dan hingga kini belum diketahui dalang di balik serangan tersebut. 

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Mirwais Stanekzai mengatakan, tiga roket mendarat di depan istana presiden. Sementara belum ada laporan mengenai korban luka.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat suara serangan roket berjatuhan di sekitar komplek istana presiden. Di mana saat itu sedang berlangsung pelaksanaan salat Idul Adha.

Beberapa jemaah yang melaksanaan salat tersebut tampak khawatir akan serangan tersebut. Bahkan, ada beberapa diantaranya membatalkan salah Idul Adha untuk mencari perlindungan.

Kendati demikian, salat tetap berjalan dengan khusuk di tengah suara ledakan. Presiden Ghani kemudian menyampaikan pidato dari luar podium, menurut siaran media setempat.

Seperti diketahui, kondisi keamanan Afghanistan semakin memburuk, dan sebagian provinsi alami pertempuran usai pasukan asing mundur dan kelompok Taliban meluncurkan serangan besar-besaran menyeberangi perbatasan.