Kisah Kolektor Kartu Pos Menghidupkan Kembali Kenangan yang Terkubur

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
Getty Images

Selama proses pemulihan dari kemoterapi saat karantina wilayah (lockdown), Stu Prince menemukan misi baru, yaitu menyatukan kembali kartu pos lama yang dia temukan melalui lelang online dengan para pemiliknya.

Dengan selembar kartu pos yang memiliki nilai istimewa, dia membantu menghidupkan kembali kenangan yang telah terkubur selama sekian dekade.

Kartu pos itu dikirim setahun setelah Perang Dunia Kedua berakhir, tetapi masih terlihat cerah dan berwarna-warni.

Di depannya ada gambar kartun kelinci yang tertidur dalam buaian dengan judul: "You`re one to-day"(usia kamu tepat satu tahun hari ini).

Di baliknya ada prangko bertuliskan Raja George, serta stempel pos bertanggal 27 September 1946.

Di sebelahnya tertera alamat: Miss F Kaye, 12 Northumberland Mansions, Luxborough Street, London, W1. Dan ada pesan yang ditulis dengan rapi.

"Untuk cucu perempuan kami yang terkasih," demikian tulisan itu, "yang terbaik untuk dirimu pada hari ini. Dan semoga masa depanmu bahagia dan damai."

BBC

Sejak dia mulai mengumpulkan kartu pos dari situs lelang online, Stu Prince, 62 tahun, telah mengumpulkan ribuan kartu pos di rumahnya di Crewe, Cheshire, yang dia bagikan dengan Kim, istrinya.

Tapi sesuatu tentang yang satu ini secara khusus sangat penting bagi dirinya.

Dia baru saja memulainya di halaman Facebooknya dan dia mengunggah sebuah foto kartu yang berisi pertanyaan - lebih sebagai harapan ketimbang ekspektasi - jika ada yang dapat membantu menyatukannya kembali dengan bocah berusia satu tahun yang dituju. Kemudian dia tidak memikirkannya lagi.

Tapi tak lama kemudian, dia menerima pesan, "Saya menemukan bayinya."

BBC

Kembali ke tahun 2019, ketika Stu didiagnosa menderita leukemia. "Itu berat sekali, kemoterapi yang berat," katanya.

Dia tidak tahu apakah perawatan itu akan berhasil, dan dia terkejut dengan seberapa banyak hal itu membuatnya tak berdaya.

Sebelumnya dia mampu berjalan lima mil sehari. Sejak berhenti belerja sebagai terapis, dia aktif di komunitasnya, yaitu menyelenggarakan karnaval lokal.

Kini dia terlalu lelah untuk bangun dari sofanya. Tak lama kemudian, kebijakan lockdown pertama terkait Covid diumumkan, dan Stu dipaksa untuk tetap di rumah.

Dia tahu dia membutuhkan pengalih perhatian, yang tidak terlalu menuntut secara fisik, namun hal itu akan membuatnya tetap sibuk.

Baca juga:

Lantas suatu hari saat menjelajahi situs internet berisi surat-surat lama dan barang-barang untuk dijual, dia menemukan banyak kartu pos lama di eBay, yang berasal dari tahun 1900.

"Saya pikir, kartu-kartu pos ini fantastis, semuanya berbeda, dan semua benda ini terkait dengan leluhur orang-orang itu," katanya.

Kadang-kadang kartu pos itu akan berfungsi seperti pesan teks zaman modern - berterima kasih kepada sang tuan rumah untuk makan malam hari Minggu, atau memberi tahu seorang kerabat bahwa mereka akan mengirimkannya keesokan harinya.

Di lain waktu, itu akan menjadi catatan yang lebih mendalam di antara orang-orang terkasih.

BBC
Stu Prince dan kartu-kartu pos miliknya.

Dia selalu tertarik pada silsilah, dan sebuah ide oun muncul di benaknya.

Bagaimana jika dia bisa membantu melacak pemilik kartu pos dan kerabat mereka dan menyatukan mereka kembali?

"Saya hanya punya sedikit kartu pos dari keluarga saya - hanya beberapa foto - dan saya pikir, jika saya bisa melakukannya untuk orang lain, saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka," katanya.

"Anda bakal dapat sedikit wawasan, yakni wawasan lebih mendalam perihal seseorang ketimbang yang bisa dihasilkan data sensus mana pun."

Saat itulah Stu membuat grup Facebook, berjudul Reuniting Postcards With Families, dan mulai memotret foto-foto kartu pos dan mempostingnya, enam sekaligus.

Dengan cepat halaman tersebut mendapat banyak pengikut.

Orang-orang akan "menyukai" halaman itu pada awalnya, mengawasi jika ada kartu pos yang dia pasang terkait dengan mereka.

BBC

Dalam rentang waktu pendek, Stu sudah memiliki lebih dari 2.000 kartu pos di rumahnya.

"Ada ribuan jumlahnya, dikirim dari berbagai situs lelang, lengkap dengan alamat, dengan nama."

Namun demikian melacak siapa pemilik kartu pos itu membuktikan tugas yang terlalu berat baginya.

"Saya hampir tidak bisa berjalan ke jendela untuk mengambil kartu-kartu itu," ujar Stu. "Saya butuh banyak perawatan, sejak awal."

Beruntung bagi Stu, dari para pengikutnya di Facebook, yaitu sekelompok kecil relawan telah menawarkan bantuannya.

"Mereka bergabung dan mengambil banyak beban kerja dari saya dan untuk itulah saya sangat berterima kasih," katanya.

"Satu-satunya cara saya bisa mengatasinya adalah dengan kehadiran mereka."

BBC

Christine Bennett, 70 tahun, adalah mantan akuntan sewaan. Dia tinggal di Bushey, Hertfordshire, dan sekarang menghabiskan banyak waktunya bernyanyi baik secara profesional maupun di acara open mic nights.

Segala hal terkait silsilah telah menjadi hobinya selama sekitar 20 tahun. Sehingga, ketika dia menemukan situs Facebook Stu, itu segera menarik perhatiannya.

Beberapa tahun yang lalu, seseorang tak dikenal menghubunginya secara tiba-tiba dengan kartu pos yang mereka menjadi koleksi pribadinya.

Kartu-kartu pos dikirim pada tahun 1940-an oleh mendiang ayahnya kepada ibunya.

"Saya tak terlalu berharap sama sekali - dan seseorang bersusah payah untuk menemukan informasi kontak saya dan mengirim email kepada saya untuk memberi tahu saya tentang hal itu.

"Dan saya tahu ketika saya mendapatkannya di tangan saya - astaga, itu istimewa," katanya.

"Dan mengetahui bagaimana perasaan saya tentang itu, saya pikir, motivasi saya, perasaan semacam itu adalah mengapa saya senang menghabiskan waktu melacak keturunan para penerima kartu pos."

BBC
Christine Bennett.

Christine mengatakan dia harus menahan godaan untuk meneliti semua kartu yang dia temukan.

Dia berusaha fokus pada apa yang seharusnya tidak terlalu sulit dilacak - di mana namanya unik dan alamatnya jelas.

Kemudian dia memeriksa catatan sensus, serta data pendaftaran kelahiran dan pernikahan - dia berujar semua sumber informasi penting, seperti British Library, di mana versi digital dari surat kabar lokal tersedia.

"Roti dan mentega untuk surat kabar lokal adalah kelahiran, pernikahan, kematian, akun pernikahan, dan akun pemakaman yang memberi tahu Anda siapa yang hadir dan bagaimana hubungan mereka, bahkan mungkin apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah - ini semua adalah hal yang disukai surat kabar lokal, " katanya.

"Sekarang Anda tidak begitu banyak melihatnya. Dan itu merupakan kerugian bagi surat kabar lokal, dan mungkin bagi sejarawan masa depan, bahwa catatan semacam itu tidak akan banyak beredar."

Christine bukan satu-satunya yang membantu untuk melacak orang-orang yang terhubung dengan kartu-kartu pos itu.

Di bawah setiap postingan kartu-kartu pos milik Stu di Facebook, seringkali ada ratusan balasan.

"Ada komunitas besar yang merasakan hal ini, bahwa orang-orang saling mendukung," katanya.

Stu mengatakan dia memiliki sekitar enam peneliti aktif dan banyak lagi penggemar pemula.

Dia memperkirakan telah menyatukan kembali ratusan kartu sejak dia memuatnya di Facebook pada 2020.

Ketika para penerima kartu-kartu pos dapat dilacak, hasilnya bisa sangat memuaskan.

Segera setelah salah satu peneliti Stu menghubunginya untuk mengatakan bahwa dia telah menemukan Nona F Kaye dari London - bayi berusia satu tahun yang kepadanya kartu pos tahun 1946 itu dialamatkan - Stu menerima pesan lain melalui email.

Disebutkan: "Kartu itu milik saya, bayinya adalah saya."

BBC

Frimette Carr - sebelumnya Kaye - berseri-seri saat dia melihat kartu pos di tangannya.

Dibungkus secara hati-hati oleh Stu dan dilapisi dengan bantalan di antara dua potong karton, kartu itu terlihat seperti masih baru.

Sebelum lockdown, Frimette yang berusia 75 tahun telah menjalani kehidupan sosial yang aktif di Edgware, di London utara.

Setiap minggu dia dan suaminya bermain kartu dengan teman-temannya.

BBC
Frimette Carr.

Kemudian Covid menyerang. "Dalam tiga pekan pertama kami berhenti bermain kartu ketika kami kehilangan 10 orang teman," katanya.

"Setelah itu ada lebih banyak lagi, kami kehilangan beberapa teman yang sangat, sangat, sangat kami sayangi, yang terjadi tepat di awal pandemi, dan lebih banyak lagi setelahnya - itu benar-benar membuat kami takut."

Tidak ada pemakaman pada hari-hari awal itu dan tidak ada yang berakhir bagi Frimette. Dia juga ketakutan. Dia tidak ingin mati - belum.

Dan kemudian, di tengah semua kematian dan kesedihan, Frimette menerima kabar baik.

"Saya mendapat SMS dari menantu perempuan saya yang mengatakan dia telah dihubungi, dan bertanya apakah dia mengenal saya."

Telepon itu dari seorang peneliti di halaman Facebook Stu.

Peneliti ini meminta untuk tidak disebutkan namanya oleh BBC - tetapi mengatakan bahwa begitu mereka menetapkan "F" dalam "Miss F Kaye" adalah singkatan dari Frimette - bukan nama umum di Inggris - mereka dapat menemukannya dengan cukup cepat.

Mereka memberitahunya tentang halaman Stu dan bahwa dia memiliki kartu pos miliknya.

"Dia mengirimkannya kepada saya dan saya terkagum-kagum," katanya.

Kartu pos itu dikirim oleh kakek-nenek dari pihak ayah. Frimette mengatakan bahwa saat itu dia tinggal di rumah kakek-nenek dari pihak ibu, bersama ibu dan ayahnya.

Kakek-nenek dari pihak ayah adalah pengungsi Yahudi dari Eropa Timur - khususnya, sebuah wilayah di Pomerania yang dikenal sebagai Koridor Polandia.

Mereka juga tidak bisa menulis dalam bahasa Inggris, dan Frimette mengetahui mereka harus dibantu ketika menulisnya dalam kartu pos itu.

"Itu jelas ditulis oleh bibi saya - saya tahu tulisan tangan bibi itu, sangat, sangat baik," katanya.

Kartu pos itu membawa kembali kenangan masa lalu - kakek nenek terakhir Frimette telah meninggal hampir 50 tahun silam.

BBC
Kake dan nenek Frimette Carr.

Frimette bertanya-tanya tentang perjalanan kartu pos itu - bagaimana kartu pos itu dibuat dari rumah keluarganya ke lelang online. Dia ingat membersihkan rumah kakek-neneknya ketika mereka meninggal.

"Kami pergi, `Apakah kami menginginkan ini? Apakah kami menginginkan itu?` - tapi aku sama sekali tidak ingat dokumen apa pun di rumahnya. Sungguh menakjubkan, kartu ini baru saja melintasi waktu."

Penemuan itu semakin mengharukan baginya karena dia hanya memiliki sedikit catatan tentang sejarah keluarganya.

"Saya bahkan tidak bisa melakukan pencarian silsilah pada mereka," katanya. "Catatan di Eropa Timur, dari mana asalnya - banyak yang telah musnah."

Pesannya kepada generasi muda adalah supaya meminta kerabat yang lebih tua agar bercerita ketika mereka masih ada.

"Jika Anda memiliki sejarah yang menarik - lakukanlah ketika Anda masih muda, ketika mereka masih ada untuk menjawab pertanyaan konyol Anda.

"Jangan biarkan mereka mati tanpa Anda sadari."

BBC

Saat ini gejala kanker Stu berkurang dan dia berkata telah mendapatkan kembali kekuatannya. Dia bangga dengan apa yang telah dicapai laman Facebooknya tersebut.

"Saya hanya ingin melakukan sesuatu dan orang-orang bergabung dan saya bersyukur untuk itu - orang-orang mendukung saya," katanya.

"Itu benar-benar bagian dari pemulihan saya, merasa berguna. Dan saya pikir bagi siapa pun yang pulih dari leukemia atau kanker untuk merasa berguna itu besar, sangat besar. Saya tidak bisa menggambarkan seberapa besar itu.

"Saya merasa luar biasa tentang hal itu, saya merasa hebat - keluar dari kesulitan itu sesuatu yang sangat bagus dan sesuatu yang sangat berharga. Dan saya merasa sangat baik tentang hal itu - saya merasa baik tentang diri saya, untuk pertama kalinya dalam waktu yang cukup lama."