Pakistan Tangkap Otak Teror Mumbai

Sumber :

VIVAnews - Pasukan keamanan Pakistan menyerbu kamp militer di pinggiran kota Kashmir, Pakistan. Seorang yang diduga otak teror bersenjata di Mumbai akhir bulan November 2008 lalu ditangkap.

Didukung dengan sebuah helikopter, penggerebekan yang dilakukan berdasarkan permintaan India dan Amerika Serikat itu menangkap Zaki Ar Rahman Lakhvi bersama 11 orang lainnya. Terjadi tembak-menembak sebentar saat pasukan menyerbu kamp laskar E-Taiba itu pada Minggu, 7 Desember 2008 itu.

Berdasarkan keterangan seorang pejabat Pakistan yang tak bisa disebutkan namanya kepada AP pada Senin 8 Desember 2008, Lakhvi ditangkap berdasarkan keterangan seorang penyerang Mumbai yang ditangkap. Lakhvi bersama Yusuf Muzammil dituduh sebagai orang yang merekrut dan merencanakan penyerangan yang menewaskan lebih dari 100 orang di kota keuangan India itu.

Kelompok Laskar E Taiba ini dibentuk badan intelijen Pakistan pada tahun 1980-an untuk bertempur melawan Kashmir India. Belakangan, Amerika Serikat menghubungkan kelompok ini dengan Al-Qaida. Amerika menuduh Lakhvi memerintahkan operasi Laskar sampai ke Chechnya, Bosnia dan Asia Tenggara. (AP)