Hujan Badai Terjang China, 36.000 Warga Dievakuasi

Tim Penyelamat Evakuasi Korban Terdampak Banjir di China
Sumber :
  • Ran Mengjun/ AP Photo

Beijing – Lebih dari 36.000 orang di Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian, China timur, dievakuasi ketika Topan Haikui membawa hujan badai yang lebat. Hal itu disampaikan oleh pihak berwenang, pada Rabu, 6 September 2023. 

Hingga pukul 07.00 pagi, hujan deras telah menyebabkan kerusakan pada 147 rumah di kota tersebut, dan menyebabkan kerugian ekonomi langsung sebesar lebih dari US$76,7 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun, menurut markas besar pengendalian banjir dan bantuan kekeringan di kota tersebut. 

Beberapa wilayah kota mengalami hujan badai mulai pukul 21.00 pada hari Selasa, 5 September 2023, dengan curah hujan kumulatif dari pukul 21.00-05.00 pagi pada hari Rabu. 

Banjir dan hujan lebat mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Jiangxi, China timur.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua.

Dilansir dari The Sundaily, Kamis, 7 September 2023, curah hujan ini juga memecahkan rekor curah hujan maksimum selama tiga jam dan enam jam, menurut cuaca nasional Wushan.

Sekolah dasar, sekolah menengah, taman kanak-kanak, dan lembaga pelatihan ekstrakurikuler juga ditangguhkan pada hari Rabu. 

Bus, kereta bawah tanah, kereta api, dan bus antar-jemput bandara untuk sementara menghentikan operasinya. Resor dan taman ditutup sementara. 

Provinsi Fujian menaikkan tanggap darurat terhadap hujan lebat ke Tingkat II pada pukul 23.00 malam pada hari Selasa.