PLTN Akan Dibangun di Bulan

Rusia dan China siap menjajah Bulan.
Sumber :
  • Futurism

VIVA Tekno – Rusia dan China siap bersama-sama menguasai Bulan melalui pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Roscosmos Rusia dan Badan Antariksa Nasional China mengatakan bahwa pembangunan PLTN ini berfungsi sebagai penyokong energi pangkalan bersama di satelit alami Bumi tersebut.

Setelah Rusia, Kini Kapal Selam Nuklir Milik AS Tiba di Perairan Kuba

Inisiatif ini mewakili langkah maju yang signifikan dalam upaya eksplorasi ruang angkasa kedua negara untuk menciptakan keberadaan manusia yang berkelanjutan di Bulan.

"Rencana tersebut melibatkan penempatan stasiun otomatis bernama "Smena-6", "Smena-7", dan "Smena-8" ke permukaan Bulan, yang berfungsi sebagai pendahulu untuk pendirian pangkalan Bulan yang fungsional," kata Kepala Roscosmos Yuri Borisov, seperti dikutip dari situs Newsweek, Kamis, 23 Mei 2024.

RI Bakal Punya PLTN Kapasitas 250 MW di Tahun 2032

Ia menguraikan garis waktu yang ambisius pada Maret, menargetkan pemasangan pembangkit listrik tenaga nuklir di permukaan Bulan pada 2033 hingga 2035.

Misi pertama, yang dijadwalkan pada 2026, akan menjadi landasan bagi upaya selanjutnya, dan proyek menyeluruh akan selesai pada 2028.

Rudal Paling Canggih Rusia Keluar Sarang Lindungi Semenanjung Krimea

Selain proyek pembangkit listrik di Bulan, Rusia juga memelopori pengembangan "kapal tunda luar angkasa" bertenaga nuklir untuk mengangkut kargo berat yang diperlukan untuk membangun pangkalan mereka di Bulan.

Keputusan untuk menggunakan tenaga nuklir untuk pemukiman di bulan berasal dari keterbatasan yang melekat pada energi matahari. Borisov menyatakan pada Maret bahwa energi nuklir di Bulan akan mampu menggerakkan “pemukiman Bulan di masa depan,” karena panel surya modern pada akhirnya tidak akan cukup untuk menyediakan listrik yang cukup.

Seperti yang dijelaskan oleh para ilmuwan, panel surya tradisional mungkin terbukti tidak memadai, terutama selama periode kegelapan yang berkepanjangan di Bulan.

Oleh karena itu, mengintegrasikan pembangkit listrik tenaga nuklir merupakan solusi pragmatis untuk memastikan pembangkitan listrik tidak terputus.

Para ahli seperti Dr. Natan Eismont, tokoh terkemuka dalam penelitian luar angkasa Rusia, memuji kemitraan Rusia-China, dan menekankan keahlian gabungan kedua negara dalam mendorong kemajuan proyek tersebut.

Pengalaman Roscosmos sebelumnya dalam teknologi nuklir berbasis ruang angkasa memberikan kredibilitas pada upaya ini. Pengembangan reaktor fisi seri TOPAZ pada 1980-an menunjukkan kelayakan tenaga nuklir di luar angkasa.

Dengan kemajuan teknologi selama beberapa dekade, penempatan reaktor nuklir di permukaan bulan tampaknya semakin memungkinkan.

Pada saat yang sama, Proyek Tenaga Permukaan Fission (Fission Surface Power Project) milik NASA berupaya untuk memfasilitasi keberadaan manusia yang berkelanjutan di Bulan.

Dengan kontrak bernilai jutaan dolar AS yang diberikan untuk desain reaktor nuklir otonom – yang merupakan komponen penting untuk misi Bulan yang berkepanjangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya