Buronan Kriminal Pura-pura Tuli dan Bisu 20 Tahun demi Tak Dipenjara

Buronan pura-pura tuli dan bisu.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Tekno – Beredar sebuah kabar seorang buronan yang berhasil menghindar berpuluh-puluh tahun dari kejaran seorang polisi dengan cara konyol. Ya, seperti diketahui seorang pria asal China bernama Xiao selama ini banyak dicari alias diburu polisi karena tindak kejahatan yang dilakukannya pada beberapa tahun yang silam.

Buron TPPO Mahasiswa Magang ke Jerman Ditangkap saat Liburan di Italia

Menariknya, untuk menghindari kejaran polisi ia memiliki cara konyol yang mungkin tak dipikirkan oleh penjahat atau buronan lainnya. Demi menghindari dari kejaran awak polisi, Xiao rela berpura-pura tuli dan bisu dan menjadi seorang pemulung di Pegunungan Provinsi Hubei.

Pada malam hari tanggal 22 Mei 2004, seorang pemuda  bernama Xiao terlibat pertengkaran sengit dengan seorang tetangga di kampung halamannya di desa Oumio Daying, di Distrik Xiangcheng Xianyang. 

Bakal Tangkap Harun Masiku Dalam Waktu Satu Pekan, Wakil Ketua KPK Alex Marwata Beri Penjelasan

Pada satu titik, Xiao diduga mengambil sekop dan memukul kepala tetangganya dengan alat yang diambilnya tersebut hingga menewaskannya di tempat. Dikutip dari laman Odditycentral pada Rabu, 21 Mei 2024 diketahui pada saat malama itu, Xiao menyakini bahwa dirinya berisiko menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji besi atau lebih buruk lagi, mendapatkan hukuman mati.

Anak Buah Hasto Ngaku Dicecar soal Harun Masiku: Kamu Islam Kan? Bohong Itu di Neraka, Bahaya!

Oleh sebab itu, Xiao pun akhirnya memutuskan untuk meninggalkan istri dan anaknya yang berusia 11 tahun untuk melarikan diri dan menghindari dari kejaran polisi.  Dia berlari ke pegunungan di Kabupaten Anxi, di Provinsi Fujian, di mana dia menjadi pemulung yang menjual sisa-sisa makanan untuk bertahan hidup. 

Untuk memastikan dia tidak pernah membocorkan apa pun tentang kehidupan masa lalunya, Xiao berpura-pura menjadi tuli dan bisu selama 20 tahun berikutnya. Dalam kesehariannya itu, ia kerap tersenyum kepada orang-orang dan berkomunikasi melalui gerak tubunya.

Waktu berlalu, namun polisi tidak pernah menyerah untuk menemukan Xiao dan membawanya ke pengadilan atas kejahatan yang sudah dilakukannya. Meskipun pria yang melarikan diri itu sangat tenang, tidak pernah sekalipun menghubungi keluarganya selama beberapa dekade terakhir, mereka masih berhasil melacaknya.

 Bulan lalu, seorang polisi di Anxi berhasil menahan seorang pemulung yang tampaknya tuli dan bisu karena terlibat perkelahian dengan beberapa penduduk setempat, dan meskipun ia dibebaskan tidak lama kemudian, ia masih diproses dan foto-fotonya disimpan di database nasional.

Awal bulan ini, saat membandingkan foto-foto lama Xiao dengan foto-foto yang ada di database nasional, polisi mendapatkan hasil yang mengejutkan.  Seorang pria tuli dan bisu di Provinsi Fujian menunjukkan kemiripan yang luar biasa dengan pria yang dicari tersebut, sehingga pasukan polisi dikirim untuk menyelidikinya. 

Setelah menemukan tersangka, mereka langsung bertanya kepadanya, “Apakah Anda dari Distrik Xiangcheng di Xianyang, dan dia langsung menjawab “Ya”.

“Saya telah menahan kata-kata saya selama 20 tahun, dan saya merasa seperti menjadi gila,” kata Xiao yang lega berkata kepada polisi pada Rabu, 22 Mei 2024 dari Odditycentral. 

"Ketika saya pergi, anak saya berusia 11 tahun, dan sekarang 20 tahun telah berlalu, saya bertanya-tanya bagaimana keadaan keluarga saya?" terangnya lebih lanjut.

Sebagai informasi bahwa Xiao telah dibawa kembali ke desa asalnya, dan meskipun sudah lama pergi, dia menunjukkan kepada mereka di mana tepatnya dia bertengkar dengan tetangganya pada malam yang menentukan itu. 

Dia sekarang harus menjalani hukuman penjara yang telah lama dia hindari. Orang-orang yang mengenalnya sebagai pemulung tuna rungu dan bisu mengatakan kepada polisi bahwa mereka tidak pernah mencurigainya sebagai penjahat yang melarikan diri. Dia menyendiri dan tidak pernah berbicara dengan siapa pun, jadi tidak ada yang benar-benar tahu tentang dia.

Kisah ini mengingatkan kita pada penjahat lain yang melarikan diri yang kami tulis tahun lalu, seorang pria yang menghabiskan 14 tahun terakhir hidupnya bersembunyi di gua gunung setelah merampok sebuah pompa bensin seharga $23 .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya