Bill Richardson Mundur Sebagai Calon Menteri

Sumber :

VIVAnews - Gubernur negara bagian New Mexico, AS, Bill Richardson, Minggu 4 Desember 2009, mengatakan bahwa dia akan menarik diri dari pencalonan untuk menjadi menteri perdagangan di pemerintahan Barack Obama. Itu karena nama Richardson terkait dalam suatu penyelidikan hukum atas sebuah perusahaan yang pernah membiayai kegiatan politiknya.

Dewan juri tingkat federal saat ini sedang melakukan penyelidikan yang melibatkan sebuah perusahaan di negara bagian California, yang berhasil memenangkan tender proyek transportasi senilai hampir US$ 1,5 juta. Masalahnya, perusahaan tersebut pernah memberikan kontribusi untuk mendukung aktivitas politik Richardson.

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor transisi Obama, Richardson mengatakan bahwa penyelidikan dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Namun, gubernur berusia 61 tahun tersebut yakin bahwa dia dan pemerintahannya "bersih".

Kemarin, Richardson meminta Obama agar tidak melanjutkan pencalonan dirinya menjadi menteri perdagangan. "Saya melakukan ini dengan kesedihan mendalam. Namun penyelidikan terhadap perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan pemerintah negara bagian New Mexico akan berlansung selama beberapa pekan atau bahkan mungkin beberapa bulan," kata Richardson dalam pernyataan tertulis.

"Izinkan saya mengatakan dengan tegas bahwa saya dan pemerintahan saya telah bertindak dengan tepat dalam berbagai persoalan dan bahwa penyelidikan ini akan membeberkan fakta sebenarnya. Namun saya telah menyimpulkan bahwa pemeriksaan yang sedang berjalan juga akan memaksakan terjadinya penundaan dalam proses pengesahan [sebagai menteri perdagangan]."

Barack Obama menanggapi pengunduran diri Richardson dengan sangat menyesal. "Gubernur Richardson adalah pelayan masyarakat yang luar biasa dan akan mampu menjabat Menteri Perdagangan dan tim ekonomi kami sangat memahaminya lewat karir [Richardson] yang luar biasa di tingkat federal dan di kantor negara bagian," kata Obama dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Pengunduran diri Richardson menunjukkan bahwa dia mendahulukan kepentingan. Walaupun kita harus bergerak cepat untuk mencari kandidat lain, saya tetap menantikan Richardson di masa mendatang untuk bergabung dalam pemerintahan saya," lanjut Obama.

Richardson adalah seorang Hispanik, dan merupakan tokoh penting di Partai Demokrat. Dia menjadi anggota Kongres dan menjadi duta Presiden Bill Clinton  di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan juga menteri energi.

Sebagai gubernur, prestasi internasionalnya cukup menonjol karena dia termasuk orang yang memiliki spesialisasi berhubungan dengan negara-negara "merah". Bahkan Obama juga pernah menimbang untuk menjadikan Richardson sebagai menteri luar negeri. (AP)