Kapal Karam Ditemukan, Hartanya Rp2,1 Triliun

Ilustrasi kapal karam
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Kapal kargo Inggris yang karam pada Perang Dunia II ditemukan di dasar Samudera Atlantik, Senin 26 September 2011. Upaya pengangkatan kapal ini adalah terbesar sepanjang sejarah Inggris, karena nilai barang berharga yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari laman Telegraph, kapal bernama SS Gairsoppa tersebut tengah membawa sekitar tujuh juta ons (218 ton) perak senilai 155 juta poundsterling (Rp2,1 triliun). Kapal sepanjang 125 meter ini tenggelam akibat dihajar torpedo Jerman.

Lokasi kapal Gairsoppa berhasil ditemukan oleh Ekplorasi Laut Odyssey di kedalaman 4700 meter dari permukaan laut. Lokasi kapal terletak di perairan internasional, sekitar 482 km dari tepi pantai Irlandia.

Dalam pernyataannya, perusahaan ekplorasi ini mengatakan bahwa pengangkatan kali ini adalah pengangkatan kapal karam paling berharga yang pernah dilakukan. "Pada riset, diketahui bahwa kapal membawa tujuh juta ons perak, termasuk tiga juta ons perak batangan, senilai 600.000 poundsterling (harga kala itu)," tulis perusahaan.

Odyssey memenangkan tender pemerintah Inggris untuk pencarian kapal kargo dan pengangkutan kapal tersebut dari dasar laut. Berdasarkan kesepakatan, Odyssey akan mendapatkan 80 persen dari nilai perak yang terdapat di kapal tersebut.

Sebelum ditemukan, Odyssey menurunkan perangkat pencarian bawah lautnya ke lokasi yang diduga tempat karamnya kapal. "Target berhasil ditemukan dengan gelombang pemindai sonar dan diamati secara visual dua bulan lalu," kata Presiden Odyssey, Mark Gordon.