DKI Bakal Tambah Lahan Pemakaman di Jakbar dan Jaktim

Suasana Tempat Pemakaman Umum di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan jajarannya tengah berupaya menambah lahan pemakaman di Ibu Kota. Sebab, saat ini beberapa warga tidak mendapatkan tempat untuk pemakaman kerabat mereka sehingga harus “menumpang” makam yang sudah ada.

Hal itu dikemukakan Sandiaga menanggapi perihal semakin terbatasnya lahan pemakaman di DKI Jakarta. "Jadi pada supply keadaan pasokan sekarang, kita bisa menyediakan makam untuk sampai ke beberapa tahun ke depan. Tapi kalau tidak ada penambahan lahan, tentunya banyak sekali masyarakat yang sekarang mulai melakukan sistem tumpang," kata Sandiaga, Kamis 12 Juli 2018

Menurut Sandiaga, Pemprov DKI Jakarta menargetkan penambahan lahan makam mulai tahun depan. Penambahan lokasi pemakaman juga akan mulai ditambahkan dalam anggaran tahun depan.

Sandiaga mengatakan, lokasi pemakaman yang ada saat ini di beberapa tempat, seperti di Karet Bivak, sudah penuh dan tidak mungkin lagi diperluas. Sebagai solusi, Pemprov DKI akan menghadirkan lahan pemakaman baru di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

"Kami akan terus melakukan penambahan jumlah lahan makam dan kami akan targetkan untuk pembiayaan ini bisa dianggarkan untuk tahun depan. Jadi kami sampaikan kepada masyarakat untuk tidak khawatir. Kami akan pastikan sediakan lahan yang sebetulnya cukup di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur," ujar Sandiaga. (ren)