Minggu Pagi, Lalu Lintas Arah Puncak Sudah Macet Enam Kilometer

Ilustrasi kemacetan di Puncak Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sudah mulai macet sepanjang enam kilo meter pada Minggu pagi, 30 Desember 2018.

Dari pantauan di lokasi, kemacetan sudah mulai terjadi di KM 43. Saat ini, polisi tengah memberlakukan sistem satu arah dari Jakarta menuju Puncak. Diperkirakan, sudah ada 35 ribu kendaraan yang memasuki jalur Puncak pada pagi ini.

Terlihat, kendaraan yang mengular didominasi oleh pelat B. Polisi telah mengerahkan 150 personel lalu lintas dan 100 personel Sabhara Polres Bogor dan 100 personel Brimob Polda Jawa Barat, untuk mengatur kemacetan sepanjang libur Tahun Baru.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun di lapangan, menyebutkan jika sistem satu arah dari Jakarta ke Cianjur dimajukan, dari yang biasanya dimulai pukul 08.00 kini menjadi pukul 07.00 WIB.

Jika tidak mau terjebak macet panjang, Polres Bogor menyarankan kepada para pengendara untuk melintasi jalur alternatif lewat Cibubur-Jonggol-Cariu, lalu keluar di Cipanas Cianjur. Atau, melalui Tol Bocimi yang melintasi Sukabumi, Cianjur, dan Cipanas.

Untuk pengendara yang ingin ke Puncak pada Senin 31 Desember, disarankan tiba di Puncak sebelum pukul 17.00 WIB, sebab akan ditutup hingga pukul 06.00 WIB pada 1 Januari 2019. (asp)


Laporan: Usep Saripudin / Bogor