Pemkot Depok Jamin Biaya Pengobatan Thalita Si Bocah Gizi Buruk

RSUD Depok
Sumber :
  • depok.go.id

VIVA – Pemerintah Kota Depok memastikan menanggung seluruh biaya pengobatan Akhrima Thalita Ailah, bocah berusia setahun yang ditemukan terkulai lemah di rumahnya di kawasan Beji, akibat gizi buruk.

Melalui Dinas Kesehatan, Wali Kota Mohammad Idris bahkan menginstruksikan kepada petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk memberikan pelayanan maksimal kepada Thalita. Thalita masih diawasi langsung oleh tim dokter anak dan ahli gizi.

“Saya ingin menyampaikan pesan Pak Wali Kota untuk memberikan perhatian yang besar kepada balita asal Beji ini. Insya Allah selama perawatan, orangtuanya tidak perlu khawatir. Sebab, kami sudah menjamin menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Depok selama rawat inap di RSUD Depok. Jadi tidak akan dipungut biaya,” kata Kepala Dinas Komunikasi Kota Depok, Sidik Mulyono, pada Sabtu, 20 April 2019

Proses administrasi terhadap Thalita dijamin sepenuhnya oleh Pemkot Depok melalui pembiayaan jaminan miskin diluar kuota PBI atau jaminan kesehatan dengan mekanisme Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD.

Direktur RSUD Depok Asloe’ah Majdri menuturkan, tim medis sudah memberikan perawatan terbaik untuk bocah malang itu dengan mengerahkan ahli gizi dan dokter spesialis anak.

Thalita, katanya, dirawat di RSUD Depok sejak Selasa pagi, 16 April. Saat itu kondisinya sudah lemas. Namun setelah ditangani dengan intensif, balita ini mulai mau makan, dan asupan gizinya mulai dijaga.

Selain berat badan yang kurang, yakni hanya sekira 5,9 kilo gram, Thalita itu juga memiliki penyakit penyerta seperti TB paru. Pengobatan penyakit ini juga dilakukan dengan intensif oleh tim dokter.

Ade Apriyanti, ibu bocah nahas itu, mengaku terharu dengan sikap Pemerintah Kota Depok yang begitu peduli terhadap Thalita. Ade juga berterima kasih, terutama kepada Wali Kota Mohammad Idris. “Karena saya dan suami yang hanya bekerja sebagai kuli bangunan, sangat merasakan manfaatnya saat anak kami dirawat di sini,” ujarnya.