Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 16 Maret 2020 | 20:04 WIB

TransJakarta Normal namun Penumpang Masuk Bus Dibatasi

Team VIVA »
Ezra Sihite
Foto :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Bus Transjakarta.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mendengarkan imbauan Presiden Joko Widodo agar transportasi umum di Jakarta tetap tersedia seperti sedia kala. Namun, ia kukuh melakukan pembatasan jumlah penumpang di dalam bus TransJakarta, LRT dan MRT.

Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Limputo di Balai Kota Jakarta, Senin 16 Maret 2020, mengatakan pembatasan jumlah penumpang dilakukan demi mencegah penularan virus Corona COVID-19.
 
"Untuk TransJakarta, juga sama operasionalnya. 24 jam, kemudian malam hari akan beroperasi Amari (Angkutan Malam Hari). Juga untuk pembatasan kapasitasnya sama. Untuk articulated bus, bus gandeng, semula kapasitasnya 150, maka pada saat ini ke depan hanya akan menampung 60 penumpang. Sementara untuk bus single bus, ini hanya menampung 30 penumpang dari yang biasanya 80 penumpang," kata Syafrin.

Baca Juga

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan terkait jam operasional angkutan umum. Untuk TransJakarta, layanan bus dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Akibatnya sejak pagi tadi terjadi penumpukan calon penumpang bahkan mengular hingga puluhan meter dari halte. Sementara itu, kondisi sesak dialami calon penumpang saat berada di dalam halte.

Penumpukan tersebut malah dikhawatirkan bakal memicu penularan virus Corona semakin meluas. Presiden Joko Widodo dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo kemudian memberikan arahan kepada Anies agar transportasi umum di Jakarta tetap tersedia. Arahan itu lalu dipatuhi oleh Anies.

Terpopuler

Selain Bus TransJakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengembalikan jam operasional MRT dan LRT. Sama seperti TransJakarta, jumlah penumpang di dalam akan dibatasi.

"Untuk Moda Raya Terpadu (MRT) jam 05.00-24.00. Kemudian yang saat ini beroperasi 4 rangkaian menjadi 16 rangkaian. Namun untuk kapasitasnya kita batasi. Biasanya satu rangkaian maksimum itu 1.200, sekarang maksimum 360 penumpang," kata Syafrin. 

"Untuk LRT juga sama.  Akan beroperasi mulai jam 05.00-23.00. Kemudian penumpangnya juga dibatasi. Biasanya saat ini adalah 270 penumpang per rangkaian, mulai hari ini itu kita lakukan pembatasan per rangkaian menjadi 80 penumpang," lanjut dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru