Sebanyak 1.000 Masjid di Bekasi Gelar Salat Idul Fitri

Jemaah melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum masuk masjid di tengah pandemi COVID-19
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Pemerintah Kota Bekasi telah mengizinkan zona hijau menggelar salat Idul Fitri. Diperkirakan sebanyak 1.000 masjid di 51 kelurahan melaksanakan salat Idul Fitri, Minggu 24 Mei 2020. 

"Kebetulan saya bersama keluarga salat di dekat rumah, dengan mengutamakan protokol kesehatan," kata Rahmat, Minggu 24 Mei 2020.

Rahmat mengakui, sebelumnya ada 71 orang reaktif usai dilakukan rapid test. Pemeriksaan itu dilakukan di tiap-tiap RW sebelum menggelar salat Idul Fitri. Tapi setelah dilakukan tes swab hasilnya menjadi negatif.

Bahkan, kata dia, sejumlah laporan dari beberapa masjid di zona hijau ada juga yang tidak menggelar salat Idul Fitri. Menurutnya, tindakan itu sangat dihargai karena bagian dari hak individual.

Lebih jauh dijelaskan Rahmat, setiap wilayah yang menggelar salat Idul Fitri tetap harus masuk zona hijau. Bahkan, peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kecamatan memberikan rekomendasi zona hijau.

Sebelumnya, Rahmat memberikan izin kepada wilayah yang masuk zona hijau untuk menggelar salat Idul Fitri. Pelaksanaan salat itu diberikan izin karena penyebaran pandemi COVID-19 sudah melandai.

Baca juga: Lebaran di Tengah Corona, Wapres: Negeri Bertakwa Allah Berikan Berkah