Pesan Wagub DKI Soal Aturan Salat Jumat Saat PSBB Transisi

Ilustrasi salat Jumat
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan catatan evaluasi  perihal pelaksaan salat jumat bersama yang kedua di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi.

Sejauh ini, pengelola masjid yang ada di Ibu Kota telah menerapkan adanya protokol kesehatan di lokasinya masing-masing. "Masjid, dari laporan dan pemantauan, kami sosialisasi setiap hari dan jamaah sudah memahami soal pembagian 50 persen," ujar Ahmad Riza Patria di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juni 2020.

"Soal disinfektan, soal masker, tidak menggelar karpet, diatur dibersihkan, jaga jarak. Sudah lebih baik. Teman-teman juga bisa pantau," tambahnya.

Namun, Politikus Partai Gerindra itu meminta kepada masyarakat untuk membawa plastik kresek dan berwudhu di rumah masing-masing apabila hendak akan salat wajib atau salat jumat di masjid.

"Untuk wudhu sebaiknya di rumah masing-masing untuk mengurangi bersentuhan kerumunan. Kita minta bawa kresek dan sajadah. Bawa sendal, sepatunya di plastik bawa ke dalam," ujarnya.

Meskipun bawa plastik keresek berisi sandal ke dalam masjid, tapi Riza merasa bersyukur tidak terjadi masalah dan berjalan dengan baik. "Kita terus sosialisasi, kita minta pengurus masjid juga sediakan plastik," katanya.