Unik! Pemandangan Sholat Jumat di Masjid Terapung Kalteng, Jemaah Bawa Perahu Masing-masing

Sholat jumat
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Sebuah pemandangan unik viral di media sosial memperlihatkan momen para jemaah pria melakukan sholat Jumat di atas permukaan air. Diketahui dari akun Instagram @makassar_info baru-baru ini nampak pemandangan langka dan jarang ditemukan pada umumnya, di mana para jemaah melakukan sholat Jumat bukan di atas permukaan tanah melainkan di atas air.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Sebuah masjid dengan arsitektur unik baru-baru ini menuai decak kagum dunia jagat maya.  Salah satunya masjid terapung yang tampak sederhana namun memiliki makna masjid yang berdiri diatas permukaan air.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Tak dipungkiri ketika mendengar kata masjid yang berada di atas air, tentu kita akan berpikir masjid ini seperti masjid pada umumnya hanya saja terletak di atas pemukaan air.  Tanpa memiliki alas seperti masjid pada umumnya, tempat untuk ibadah satu ini benar-benar dipenuhi air yang cukup tinggi di sekitarnya. 

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Kondisi Masjid di Atas Air

Masjid tersebut tidak memiliki alas seperti pada tempat ibadah pada umumnya untuk menunaikan sholat. Masjid ini benar-benar berdiri di atas permukaan air. Para jemaah yang akan menunaikan ibadah sholat Jumat itu pun tetap berada di atas perahu yang dibawanya masing-masing.

Dalam video tersebut, ada juga yang membawa perahu dengan berukuran besar dan berbagi perahu dengan jemaah lainnya. Masing-masing perahu tersebut diikat ke tiang-tiang masjid agar tidak bergerak dan berbenturan dengan lainnya.

Para jemaah yang hendak menunaikan sholat Jumat itu juga terlihat menggunakan baju koko, sarung, dan peci seperti pada umumnya. Sayangnya dalam video tersebut, tidak terekam momen saat para jemaah berdiri di atas perahu. 


Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral di media sosial tersebut menuai beragam reaksi di media sosial.

"lihatlah teman teman orang orang yg tinggal di daerah perairan untuk beribadah aja butuh effort lebih , kalian yg di darat buat ke masjid aja males," tulis warganet.

"harusnya ngasih berita yang berisi inimah berita video setengah lah malah bertanya jadi kepo gua ini dmna dan hebat walaupun di sampan tapi semangat ibadah nya ada," tulis warganet.

"Salut dgn org yg betul" percaya dgn adanya imam dihati mereka," tulis pengguna lainnya.

"Mau dia sholat di perahu di aspal sahji yg tidak sah itu klo ndk sholat," tulis lainnya.

"Masya Allah. Keren banget," kata lainnya.

"Rapatkan perahu dan luruskan," sahut lainnya.

"LUAR BIASA," tulis lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya